Siri Bakal Semakin Pintar dengan AI Generatif, Siap Bersaing dengan ChatGPT dan Gemini?

Read Time:2 Minute, 28 Second

designsuperstars.net, Jakarta – Apple baru-baru ini mengabarkan bahwa mereka sedang melakukan pembicaraan intensif dengan OpenAI untuk menghadirkan teknologi kecerdasan buatan (AI) milik perusahaan tersebut ke iPhone.

Dilansir New York Times, Senin (13/5/2024), Apple juga akan melakukan perombakan besar-besaran pada asisten digitalnya, yakni Siri.

Menurut laporan, perusahaan yang berbasis di Cupertino akan memasukkan teknologi AI generatif yang canggih – mirip dengan ChatGPT – ke dalam Siri baru.

Rumor ini sendiri bertepatan dengan kabar bahwa OpenAI telah mengembangkan asisten suara pertama. Jika benar demikian, maka persaingan di industri AI akan semakin memanas.

Sumber anonim di Apple mengungkapkan bahwa para eksekutif sangat terkesan dengan kemampuan ChatGPT. Kekaguman ini mendorong mereka untuk mempercepat pengembangan Siri dengan melengkapi asisten digital dengan AI generatif yang sama.

Jika hal ini terwujud, peningkatan ini berpotensi meningkatkan kemampuan Suriah secara signifikan. Diduga, pengguna bisa menggunakan Siri untuk berbagai tugas seperti ChatGPT dan Gemini.

Ya, Siri kemungkinan besar memiliki kemampuan untuk menghasilkan teks kreatif, menerjemahkan bahasa, atau menulis email hanya dengan kata kunci.

Tak hanya itu, Siri juga diyakini lebih pintar, serbaguna, dan intuitif saat berinteraksi dengan pengguna iPhone.

 

Bagi banyak pengguna iPhone, Siri memiliki keterbatasan dalam memahami percakapan dan konteks. Hal ini tentu sangat berbeda dengan AI seperti ChatGPT dan Google Gemini.

Hal ini cukup wajar mengingat sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011, Siri belum pernah mendapat update besar-besaran.

Informasi, perombakan Siri merupakan bagian dari inisiatif perusahaan untuk meningkatkan kemampuan AI. Hal itu diperkuat saat Apple mengumumkan jajaran iPad barunya awal pekan lalu.

Rencananya Apple akan mengungkap rahasia kekuatan AI-nya di WWDC 2024 10 Juni mendatang. Beberapa penyempurnaan, termasuk Siri, akan dihadirkan perusahaan pada acara tersebut.

Rencana Apple untuk menghadirkan AI chatbot ChatGPT ke iPhone melalui pembaruan iOS 18 sepertinya menjadi kenyataan dengan bantuan OpenAI.

Ya, Apple dan OpenAI saat ini sedang melakukan pembicaraan intensif untuk menghadirkan teknologi chatbot AI ke dalam produk mereka.

Informasi ini dibenarkan oleh laporan koresponden Bloomberg, Mark Gurman. “Apple menyelesaikan kesepakatan dengan OpenAI,” mengutip laporan Bloomberg di Engadget, Minggu (12/5/2024).

Mark Gurman berkata, “Apple dan OpenAI sedang membicarakan beberapa fitur AI generatif – seperti chatbots – yang akan diperkenalkan tahun ini dengan iOS 18.”

Sayangnya, belum diketahui apa saja ciri-ciri tersebut. Namun berdasarkan informasi yang beredar, beberapa aplikasi iOS akan terintegrasi dengan AI.

Beberapa aplikasi tersebut antara lain Safari dan Messaging. Mungkin saja aplikasi standar iOS dilengkapi dengan fitur yang dapat merangkum konten di layar hanya dengan menggunakan kata kunci.

 

Selain itu, perusahaan asal Cupertino ini juga ingin mengecek asisten virtualnya yakni Siri. Siri dikatakan tampil lebih pintar berkat teknologi AI ini.

Pada saat yang sama, OpenAI diyakini sedang mengerjakan asisten digitalnya sendiri dan tidak diketahui apakah ini terkait dengan pengembangan Siri atau tidak.

Selain OpenAI, raksasa teknologi tersebut dikabarkan sedang melakukan pembicaraan dengan Google untuk menghadirkan fitur AI generatif Gemini ke iPhone.

Sejauh ini belum ada laporan lain mengenai kolaborasi Apple dan Google ini.

Tentunya akan ada informasi lebih lanjut mengenai rencana Apple dengan AI pada 10 Juni di WWDC 2024.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Tiket Kereta Cepat Whoosh Diskon 17% Sambut HUT ke-79 RI, Cek Syarat dan Tanggalnya
Next post Zee JKT48 Segera ‘Lulus’ dari Grup, Bikin Unggahan Menyentuh di Instagram