Google Vids, Solusi Buat Video dengan Bantuan AI untuk Pengguna Workspace

Read Time:2 Minute, 56 Second

designsuperstars.net, Jakarta – Google Vids merupakan salah satu pencapaian yang diperkenalkan dalam program Google Cloud Next 2024. Layanan baru ini merupakan fitur baru bagi pengguna Google Workspace.

Sekadar informasi, AI menjadi dasar pengembangan layanan Google Cloud termasuk Google Vids pada tahun ini. Pada dasarnya Google Vids merupakan fitur ruang kerja berbasis AI yang dapat membantu pengguna membuat video dengan lebih mudah.

Google Vids didukung oleh Gemini AI yang terintegrasi ke dalam layanan desktop. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat video berdasarkan pertanyaan yang mereka buat.

Dijelaskan bahwa Google Vids dapat membantu pengguna dalam tahap awal pembuatan video seperti penulisan naskah, produksi, pengeditan.

Menurut Google, Google Video dapat membantu pengguna membuat video untuk berbagai kebutuhan, mulai dari video promosi produk hingga kebutuhan internal perusahaan.

Selain membuat video, VP Product Management Google Workspace Yulie Kwon Kim mengatakan manfaat lain yang diberikan Google Vids adalah kemudahan berkolaborasi dengan orang lain.

“Kekuatan kolaborasi yang ada pada dokumen, sheet, dan slide kami hadirkan dalam bentuk video untuk kebutuhan bisnis. Ini yang tidak bisa dilakukan oleh software video editing lainnya,” ujar Yuli kepada Tekno designsuperstars.net di Google Cloud Next. acara tahun 2024.

Berbekal dukungan kolaboratif ini, orang lain dapat memberikan masukan atau komentar, termasuk data tambahan atau informasi pekerjaan yang sedang berjalan mengenai file video tersebut. Sehingga prosesnya bisa menjadi lebih efisien.

Nantinya, menurut Yuli, pengguna bisa menggunakan data atau file miliknya sendiri untuk membuat video. Namun Google juga menyediakan beragam foto, video, dan audio yang dapat digunakan pengguna.

Soal hak cipta atas konten yang dibuat, Yuli mengatakan stok konten yang ditawarkan Google sudah memenuhi syarat. Namun jika pengguna memasukkan konten lain yang nantinya mungkin bermasalah, itu di luar kewenangan perusahaan.

Rencananya Google Vids for Gemini akan tersedia untuk pengguna Google Workspace. Awalnya, layanan ini akan tersedia untuk pengujian Google Workspace Lab pada bulan Juni 2024.

Acara Google Cloud Next 2024 dilaksanakan pada tanggal 9-11 April 2024. Di Mandalay Bay, Las Vegas, AS, acara tersebut menjadi debut banyak produk dan inovasi baru dari Google Cloud.

Pada pembukaannya, CEO Google Cloud Thomas Kurian mengungkapkan beberapa inovasi yang diperkenalkan pada acara tersebut. Mulai dari infrastruktur hingga kehadiran AI generatif, banyak solusi yang terlibat.

 “Pada acara ini, kami akan fokus pada bagaimana Google membantu perusahaan mentransformasikan operasi mereka menjadi pemimpin digital dan AI, jalur baru menuju cloud,” kata Kurian pada keynote Google Next Cloud 2024 di Las Vegas, AS. .

Berbicara tentang infrastruktur, kata Thomas, Google Cloud adalah yang pertama memasarkan infrastruktur hiperskalar dan kini memimpin dalam hal harga dan kinerja.

Menurut Thomas, jaringan lintas cloud yang disediakan Google memungkinkan pengguna menghubungkan layanan apa pun dengan aman, termasuk layanan AI Google, ke aplikasi apa pun di cloud apa pun dengan biaya dan latensi rendah.

Selain infrastruktur, pada acara Next ini Google juga memperkenalkan beberapa produk baru yang menggunakan teknologi AI generatif.

“Pengumuman terbesar kami hari ini berfokus pada AI generatif. Mulai dari penggunaan AI generatif hingga membantu konsumen menjawab pertanyaan, hingga membuat prediksi AI, dan kini membangun agen AI generatif,” kata Thomas.

Thomas menjelaskan bahwa agen adalah entitas cerdas yang dapat melakukan banyak tugas untuk mencapai tujuan tertentu bagi penggunanya. 

Misalnya, katanya, agen dapat membantu pembeli membeli pakaian yang tepat, membantu karyawan memilih tunjangan kesehatan yang tepat, dan membantu perawat mempercepat serah terima pasien ketika shift kerja berganti.

“Agen memproses berbagai jenis informasi secara bersamaan, baik berbicara, menalar, belajar, dan mengambil keputusan. Agen dapat terhubung dengan agen dan entitas lain.

Pada acara ini, Google juga mengumumkan proses baru yang disebut Google Axiom. Ini adalah CPU berbasis ARM khusus pertama yang dirancang untuk pusat data.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Susah Jual Mahal, 5 Penjualan Terbesar Manchester United
Next post Bek Timnas Inggris Ketakutan Kakinya Patah