Sudah Siap Ikut UTBK 2024? Ini Cara Belajar Metode Mind Mapping yang Bisa Dicoba

Read Time:1 Minute, 18 Second

Jakarta – Berikut 5 tips belajar membuat mind map yang bisa dijadikan latihan UTBK 2024. Ujian Tulis Berbasis Komputer (CBT) SNBT Gelombang 1 Tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 30 April dan 2-7 Mei 2024. Pendaftar harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan berlatih soal-soal UTBK.

Metode mind map merupakan metode yang paling banyak dicoba dan diuji dalam pembelajaran UTBK SNBT. Bagaimana cara belajar menggunakan teknik pemetaan pikiran? Artikel kali ini akan membahasnya secara detail, check it out!

Pelajari cara membuat peta pikiran

Peta pikiran adalah metode visual untuk mengatur dan memvisualisasikan informasi. Dijelaskan dalam unggahan Instagram @bp3_kemendikbud pada Minggu (14/4/2024), cara tersebut digambarkan dengan diagram yang terdiri dari cabang, cabang pembantu, dan kata kunci terkait.

Teknik pemetaan pikiran bertujuan untuk mempelajari proyek, merencanakan, dan mengatur ide-ide sehingga pengguna dapat membantu memecahkan masalah.

Kelebihan pendekatan ini adalah dapat mengajarkan pemahaman data, meningkatkan akurasi, dan meningkatkan kreativitas. Dengan demikian, peserta dapat menggunakan metode mind map untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi UTBK 2024.

5 Cara Menggunakan Mind Mapping dalam UTBK 2024

1. Identifikasi komponen UTBK

Langkah pertama yang perlu dilakukan peserta adalah mengidentifikasi materi apa saja yang akan dikeluarkan dalam UTBK. Selain itu, peserta harus mengetahui pertanyaan apa yang diharapkan.

Komponen UTBK yang akan diujikan pada tahun 2024 antara lain Tes Potensi Skolastik (TPS), penalaran matematis, dan literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Setiap subkomponen UTBK mempunyai jangka waktu yang perlu diperhatikan, yaitu:

Berhitung: 15 pertanyaan (20 menit)

Penalaran Umum: 30 pertanyaan (30 menit)

Pengetahuan dan Pemahaman Umum: 20 pertanyaan (15 menit)

Membaca dan Menulis: 20 pertanyaan (25 menit)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Koleksi 4th Anniversary Benang Jarum Hadirkan Sentuhan Monogram yang Elegan
Next post Mantan Petinggi Boeing Ditemukan Tewas setelah Bongkar Kebobrokan Perusahaan