Manfaat Stevia, Pemanis Nol Kalori Hingga Booster Sistem Imun

Read Time:1 Minute, 47 Second

designsuperstars.net, JAKARTA – Direktur Jenderal Persatuan Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Ingrid Tania mengumumkan penemuan menarik tentang daun stevia. Selain dikenal sebagai pemanis nol kalori dan bermanfaat untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes, ternyata daun stevia juga memiliki sifat anti inflamasi, apalagi saat Ramadhan dan cuaca sedang buruk. Menurut Ingrid Tania, stevia dapat membantu tubuh manusia merespon lebih baik terhadap bakteri yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

“Stevia dapat membantu sistem imun kita secara seimbang, misalnya dengan membantu sistem imun untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi,” kata Ingrid, Selasa (26/3/2024).

Selain itu, Ingrid juga menjelaskan pentingnya penggunaan bahan herbal sebagai imunomodulator yang dapat membantu tubuh mengontrol sistem imun untuk memperkuat sistem imun dan memberikan respon yang tepat terhadap bakteri atau virus yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Bakteri atau virus tersebut antara lain bakteri, virus, jamur, dan parasit, dan juga dapat membantu mengontrol tubuh kita sehingga sistem kekebalan tubuh dapat merespon rangsangan atau bahan yang dapat menyebabkan alergi atau stres dan juga dapat membantu mencegah atau menghentikan sel kanker. katanya.

Beberapa contoh tanaman herbal yang memiliki sifat anti inflamasi adalah daun teh atau ‘Camellia sinensis’, jahe ‘Zingiber officinale’ dan ketumbar ‘Coriandrum sativum’.

Ingrid menjelaskan, teh hitam memiliki sifat anti inflamasi yang sama dengan teh hijau, karena mengandung antioksidan seperti senyawa polifenol dan senyawa katekin. Selain itu, khasiat daun teh juga diperkuat dengan bahan imunomodulator lainnya, seperti jahe.

Jahe yang sudah lama dikenal sebagai bahan herbal yang membantu mengurangi gejala pilek, ternyata juga memiliki efek imunomodulator yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mencegah penyakit penyebab penyakit seperti flu biasa atau flu.

Tidak hanya daun teh dan jahe, rempah-rempah seperti ketumbar juga memiliki sifat imunomodulator. Ketumbar yang sering dijadikan bahan tambahan di dapur terbukti mampu mendukung sistem kekebalan tubuh agar bekerja lebih baik.

“Jahe banyak digunakan oleh masyarakat atau komunitas di berbagai belahan dunia untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.” Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa ada bahan yang bisa ditemukan di dapur, misalnya ketumbar yang keluar sebagai anti inflamasi, artinya ada bahan yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh kita untuk bekerja lebih baik,” kata Ingrid. .

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post ASI Perah Diolah Jadi Bubuk, Apa Kata IDAI?
Next post Erik ten Hag Tegaskan Tak Takut Dipecat Manchester United, Ini Alasannya