Pendaftaran PPDB 2024 di Jakarta Dimulai Hari Ini, Akun Harus Terverifikasi dan Teraktivasi

Read Time:1 Minute, 28 Second

JAKARTA – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta 2024 dimulai hari ini, Senin (6 Oktober 2024). PPDB untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan PPDB Umum.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengingatkan orang tua dan calon peserta didik baru (CPDB) untuk memastikan akun pendaftarannya sudah terverifikasi dan diaktifkan.

“Pastikan Anda memiliki akun CPDB yang terverifikasi dan teraktivasi agar dapat memilih sekolah tujuan,” tulis akun Instagram diskdikdki beberapa waktu lalu.

Wakil Direktur Pelayanan Pendidikan DKI Jakarta Purwosucilo mengimbau siswa dan orang tua memperhatikan jadwal pendaftaran setiap jalur.

Purvosusilo, Minggu (6/9/2024), mengatakan, “Masyarakat tenang, jangan panik, ikuti PPDB sesuai jadwal.”

Purvosusilo meminta bagi yang mengalami kendala dalam proses pendaftaran online agar segera datang ke lokasi terdekat. “Lokasi terdekat adalah seluruh lembaga pendidikan negeri, SD, SMP, SMA, dan SMK Negeri yang dekat dengan tempat tinggal seseorang,” tutupnya.

Diketahui, Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan membuka PPDB pada 10 Juni – 4 Juli 2024. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran tahun ini seluruhnya dilakukan secara online.

Terdapat tiga jalur masuk setiap jenjang SD melalui SMA/SMK, yaitu Jalur Zonasi, Jalur Afirmatif (Anak Penyandang Disabilitas), Jalur PTO (Layanan Penugasan Orang Tua/Wali) dan Anak GTK (Guru/Tenaga Kependidikan).

Jalur Zonasi, Jalur Afirmatif, dan PPDB Umum tahap pertama akan dibuka pada 10-12 Juni 2024 untuk setiap satuan pendidikan (SD, SMP, SMA, dan SMK). Sedangkan jalur PTO dan GTK akan dibuka lebih lama, yakni pada 10 hingga 25 Juni 2024 di masing-masing satuan akademik.

Perlu diketahui, SD di Jakarta memiliki 95.673 siswa. Kemudian tingkat SMP daya tampung 71k dengan calon peserta didik baru (CPDB) 151k (hanya 47% daya tampung). Sedangkan CPDB SMA hanya memiliki 20.130 orang dibandingkan 39.141 orang (hanya 35% dari kapasitas).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Satgas Bentukan Polri Selidiki Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC
Next post Kerja Sama Pertamina Lubricants dengan VR46 di Luar MotoGP