Gemini Hadir di Google Workspace, Akses Langsung ke Layanan AI di Gmail hingga Google Docs

Read Time:2 Minute, 33 Second

designsuperstars.net, Jakarta – Google baru-baru ini memperkenalkan Gemini dengan perluasan akses ke Google Workspace. Nantinya, pengguna dapat menggunakan AI yang dihasilkan langsung di Gmail, Google Drive, Docs, dan layanan Workspace lainnya.

Pada Minggu (30/6/2024), mengutip Tech Radar, perusahaan mengumumkan ketersediaan umum Gemini di aplikasi kerja Google seperti Google Docs, Sheets, Slides, dan Drive, mengutip postingan blog Google Workspace.

Setelah itu, Gemini di aplikasi akan muncul di sidebar. Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses Gemini tanpa membuka website.

Fitur ini dapat muncul ketika pengguna mengklik tombol “Tanya Kembar” di pojok kanan atas logo Docs, Sheets, Slides, dan Drive.

Gemini yang ditampilkan juga tidak main-main, menggunakan Google Gemini 1.5 Pro, versi terbaru dari multi-level AI yang memberikan akses kecerdasan tercanggih.

“Dengan remote, Gemini dapat menggunakan data dari email, dokumen, dan lainnya untuk membantu meringkas, menganalisis, dan menampilkan konten—semuanya tanpa berpindah perangkat atau tab,” tulis perusahaan itu. 

“Tata letak yang ditingkatkan merangkum konten yang sedang Anda kerjakan dan memberikan tips kontekstual untuk membantu Anda memulai,” tambah Google.

Google mengatakan pembaruan baru yang didukung AI ini akan membantu pengguna menjadi lebih produktif dan memperkenalkan Gemini kepada jutaan pengguna di seluruh dunia.

Namun fitur Gemini AI ini hanya berlaku untuk pengguna yang menggunakan Google Workspace versi berbayar saja.

Berkat integrasi Google Gemini, ia menawarkan berbagai kemungkinan. Misalnya, menulis dan memberi anotasi pada konten atau meringkas dokumen di Google Dokumen, dan membuat slide baru dan grafik khusus di Google Slide.

Gemini juga dapat digunakan untuk melacak dan mengatur data di spreadsheet Google, membuat tabel, membuat rumus, dan memberikan saran untuk tugas tertentu.

Di Google Drive, Gemini dapat membantu merangkum banyak dokumen atau merangkum topik tertentu tanpa mengharuskan pengguna mencari dan membaca banyak file.

Seperti disebutkan di atas, hanya pelanggan Google Workspace tertentu yang dapat menggunakan fitur ini, yaitu add-on Gemini Business and Enterprise, add-on Gemini Education dan Education Premium, atau langganan Google One AI Premium.

Selain itu, Gmail mendapatkan lebih banyak fitur AI untuk memudahkan pengguna mengakses email mereka.

Google memperkenalkan fitur Gemini baru di versi web yang memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti merangkum pesan email dan menulis pesan baru. 

Menurut postingan blog, Google mengatakan aplikasinya akan memberikan “saran yang dapat ditindaklanjuti”, namun pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan “gratis”. 

The Verge, dikutip Selasa (25/6/2024), Sidebar AI dikembangkan menggunakan versi Google paling mumpuni, seperti Gemini 1.5 Pro. 

Di aplikasi seluler Gmail, Google memperkenalkan Gemini, yang dapat mencakup berbagai topik. Peningkatan AI yang ditawarkannya bisa sangat berguna, sayangnya saat ini hanya tersedia untuk pengguna Gemini berbayar. 

Jika ingin mencoba fitur ini, pengguna harus menjadi pelanggan Google Workspace dengan add-on Gemini Business atau Enterprise, Gemini Education atau Education Premium, atau Google One AI Premium. 

Namun, The Verge mengingatkan pengguna layanan berbasis AI untuk tidak bergantung sepenuhnya pada alat tersebut saat bekerja dengannya.

Selalu periksa ulang sebelum mengirim email yang Gemini bantu buatkan. 

Selain email, ada banyak cara untuk berkomunikasi dengan orang lain. pekerjaan itu. Google menjanjikan fitur tersebut akan menjangkau seluruh penggunanya. 

Ke depannya, ada beberapa fitur AI yang akan digulirkan untuk Gmail, termasuk Contextual Smart Reply. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Teka-teki Pilihan Menteri Prabowo, dari Politik atau Ahli?
Next post 403