6 Cara Menggoreng Lumpia Agar Tidak Menyerap Banyak Minyak, Lebih Renyah dan Sehat

Read Time:1 Minute, 56 Second

designsuperstars.net, Jakarta Mengonsumsi gorengan memang membuat tangan berminyak, namun terkadang ada kadar lemak tertentu yang membuat makan menjadi tidak enak. Makanan yang digoreng menyerap banyak minyak, tidak hanya menodai tangan dan mulut, tapi juga meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti peradangan, kolesterol, dan obesitas.

Gorengan lain yang sering menyerap minyak adalah lumpia goreng. Anda mungkin enggan menyantap lumpia jika terlalu berminyak, padahal makanan jenis ini bisa digoreng tanpa lumpia menyerap terlalu banyak minyak.

Artikel ini akan memberikan beberapa tips dan trik yang bisa digunakan saat menggoreng lumpia agar tidak menyerap terlalu banyak minyak. Berikut penjelasannya yang dihimpun designsuperstars.net dari berbagai sumber pada Sabtu (8/10/2024).

Sebelum membungkus lumpia dengan kulitnya, pastikan isian lumpia tidak terlalu basah. Biarkan isian lumpia mengering agar setelah digoreng tidak terlalu banyak menyerap minyak.

Campuran yang terlalu basah tidak hanya akan menyerap lebih banyak minyak, tetapi juga akan membuat lumpia menjadi empuk dan kehilangan rasa renyahnya setelah digoreng. Jadi, pastikan isian lumpia cukup kering untuk proses penggorengan.

Karena kulit lumpia cenderung tipis dan kasar, maka cenderung menyerap banyak minyak. Namun, dengan membuat lapisan ganda saat mengoleskan isian, Anda bisa mengurangi risiko menyerap terlalu banyak minyak. Selain itu, menggandakan kulit lumpia juga membantu mencegah isiannya rontok akibat robeknya kulit saat dibungkus atau digoreng.

Agar lumpia tidak terlalu banyak menyerap minyak, disarankan menggunakan minyak secukupnya saat menggoreng. Dalam hal ini, wajan cekung yang mampu menampung lebih banyak minyak akan membantu mengurangi penyerapannya oleh lumpia.

Sebelum menggoreng lumpia, pastikan minyak di wajan sudah dipanaskan terlebih dahulu. Lumpia yang digoreng sebelum minyak panas akan menyerap banyak minyak, jadi hindari menaruhnya di wajan yang minyaknya sudah panas. Selain itu, jika ingin proses pembakarannya lebih cepat, kurangi jumlah bunga pegas yang Anda tambahkan menjadi 3-4 agar suhunya mencukupi. Setelah kulit pegas berwarna coklat, angkat dan tiriskan.

Setelah lumpia digoreng, letakkan di atas piring yang dilapisi kertas dapur untuk menyerap minyak yang tersisa di lumpia. Sebaiknya tunggu 5-10 menit sebelum memakan lumpia agar tetap renyah tanpa terlalu banyak minyak di dalamnya. Berikut tips dan trik menggoreng lumpia agar tidak terlalu berminyak. Saya harap ini membantu dan Anda dapat mencobanya di rumah.

Setelah ditiriskan dan dibungkus dengan tisu, simpan lumpia dalam wadah terbuka atau di rak kawat agar tetap renyah. Hindari menutup lumpia dalam wadah tertutup saat masih panas, karena uap air akan melunakkan dan menyerap minyak.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Trafik Data Melonjak 650 Persen di IKN, Ini Penyebabnya
Next post Sinopsis Aku Mencintaimu Karena Allah 17 April 2024: Rani Harus Menikah usai Tidur Bersama Raja