Cegah Tumor Tulang dengan Gaya Hidup Sehat

Read Time:1 Minute, 58 Second

designsuperstars.net, MEDAN — Tumor tulang meski tidak sesering tumor jenis lainnya, namun tetap menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan. Namun kabar baiknya, kita bisa mengurangi risiko terkena tumor tulang dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak dini.

Dokter Andriandi MKed(Bedah), SpOT(K), ahli tumor tulang di Rumah Sakit (RS) Adam Malik, mengatakan pencegahan tumor tulang sebaiknya dilakukan sejak dini dengan pola hidup sehat. “Gaya hidup sehat bisa dicapai dengan olahraga teratur, pola makan sehat, menghindari radiasi, dan lain-lain,” kata dr Andriandi di Medan, Senin (2 September 2024).

Ia mengatakan, faktor risiko utama adalah pola hidup yang salah, mulai dari tinggi karbohidrat hingga tidak berolahraga. Karena jumlah sel hidup lebih banyak dibandingkan sel mati, hal inilah yang menyebabkan terjadinya tumor.

Menurutnya, tumor tulang belum begitu dikenal dibandingkan tumor payudara atau kanker. Namun kasusnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Saat ini operasi tumor tulang hanya bisa dilakukan di RS Adam Malik maksimal empat kali dalam seminggu,” kata Andriandi.

Ia mengatakan, hal ini menunjukkan kasus tumor tulang terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan di Sumut. Andriandi menjelaskan, kasus tumor tulang biasanya terjadi pada anak-anak dan orang dewasa berusia 10 hingga 30 tahun.

Namun, dalam banyak kasus, hal ini cenderung tidak diobati dan kondisinya menjadi serius. Tumor kemudian akan menyebar ke bagian tubuh lain, seperti paru-paru, sehingga mempersulit pengobatan.

Apalagi tumor ini tidak hanya menyerang tulang saja, tapi juga daging, bahkan otot pun ikut tertelan oleh tumor tersebut. Menurut Andriandi, jika tumor tulang tidak diobati, maka pasiennya akan meninggal bukan karena tumornya, melainkan karena pendarahannya yang tidak terkontrol sehingga menyebabkan kehilangan darah.

“Jika sudah mencapai paru-paru, akan sulit menyelamatkan nyawanya,” ujarnya.

Mahasiswa Universitas Sumatera Utara ini mengatakan, pemeriksaan tumor tulang dimulai dari pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, rontgen bahkan biopsi. “Salah satu tesnya, scan tulang, hanya tersedia di RS Adam Malik Sumut. “Kita bisa lihat di mana tumornya menyebar hingga ke tulang,” kata Andriandi.

Menurutnya, jika kondisi bagian tubuh yang terserang tumor tulang tersebut masih baik, maka anggota tubuh tersebut masih bisa diselamatkan. “Saat ini, tumor tulang tidak boleh diamputasi. Sekarang bahkan tulang paha pun bisa diganti. “Dalam situasi seperti ini, pasien bisa langsung bergerak, bisa berjalan atau berdiri,” ujarnya.

Misalnya, ia menangani kasus tumor tulang dengan operasi megaprostetik di RS Adam Malik Pertama Sumatera Utara. “Jadi tumornya bisa diangkat dan kita bisa mengganti separuh tibia.” Implannya mahal tapi ditanggung BPJS Kesehatan,” kata Andriandi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Dokter Sarankan Pemudik Beristirahat Begitu Sampai di Rumah
Next post 403