Sam Altman: OpenAI bisa Jadi Perusahaan Pencetak Uang seperti xAI

Read Time:3 Minute, 31 Second

designsuperstars.net, Jakarta – CEO OpenAI Sam Altman mengatakan kepada beberapa pemegang saham bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan untuk mengubah struktur manajemennya menjadi operasi nirlaba yang tidak dikendalikan oleh dewan nirlaba perusahaan.

Perusahaan nirlaba adalah organisasi yang beroperasi dengan tujuan menghasilkan uang. Sebagian besar bisnis nirlaba melayani pelanggan dengan menjual produk atau layanan.

Pemilik bisnis memperoleh penghasilan dari keuntungan dan juga dapat memberikan keuntungan tersebut kepada pemegang saham dan investor.

Salah satu peristiwa yang menurut Altman sedang dipertimbangkan oleh dewan adalah bisnis yang menguntungkan, yang dijalankan oleh pesaing seperti Anthropic dan kAI. Demikian menurut laporan yang ditulis The Information dan dikutip Reuters, Minggu (16/06/2024).

Pembicaraan restrukturisasi berjalan lancar, dan Altman serta para eksekutifnya mungkin akhirnya memutuskan untuk mengambil pendekatan yang berbeda.

Menanggapi pertanyaan Reuters mengenai laporan tersebut, perusahaan pembuat ChatGPT mengatakan perusahaannya akan fokus pada organisasi nirlaba.

“Kami fokus pada pengembangan kecerdasan buatan yang bermanfaat bagi semua orang.” Organisasi nirlaba adalah inti dari misi kami dan akan terus demikian,” kata juru bicara OpenAI.

Sebelumnya, OpenAI menunjuk mantan perwira perang siber dan intelijen AS, Paul Nakasson, menjadi dewan direksi.

Perusahaan tersebut mengatakan akan membantu melindungi pengembang ChatGPT dari serangan yang dilakukan oleh “aktor jahat yang semakin bertambah”. Demikian dilansir AP News, Sabtu (15/6/2024).

Pensiunan jenderal Angkatan Darat itu adalah komandan Komando Siber AS dan direktur NSA sebelum mengundurkan diri pada awal tahun 2024.

Dia bergabung dengan dewan OpenAI, yang masih merekrut anggota baru, setelah perubahan haluan perusahaan kecerdasan buatan San Francisco yang memaksa pergantian kepemimpinan dewan tahun lalu.

Mantan anggota dewan tiba-tiba memecat CEO Sam Altman, lalu menggantikannya ketika dia kembali berperan sebagai CEO beberapa hari kemudian.

OpenAI mengembalikan Altman ke dewan direksi pada bulan Maret dan mengatakan mereka memiliki “kepercayaan penuh” pada kepemimpinannya setelah kesimpulan dari penyelidikan eksternal terhadap gejolak perusahaan.

Dewan OpenAI secara teknis adalah organisasi nirlaba, namun juga mengelola bisnisnya sendiri yang sedang berkembang.

Nakasone juga bergabung dengan Komite Keselamatan dan Keamanan OpenAI yang baru, sebuah kelompok yang seharusnya memberikan nasihat kepada dewan mengenai “keputusan keselamatan dan keamanan yang penting” untuk proyek dan operasinya.

Mantan tim keamanan AI telah dibubarkan setelah beberapa pemimpinnya mengundurkan diri.

Beberapa mantan karyawan OpenAI menulis surat terbuka berisi peringatan. Dalam surat tersebut, mantan karyawannya mengatakan OpenAI membungkam kritiknya yang mengkhawatirkan keamanan AI alias kecerdasan buatan. 

Surat terbuka tersebut ditandatangani oleh 13 mantan karyawan OpenAI. Dokumen ini menyatakan bahwa tidak ada pengawasan pemerintah yang efektif terhadap keamanan AI. Dalam suratnya, mereka juga meminta perusahaan AI untuk berkomitmen pada prinsip kritik terbuka.

Melansir The Verge, Minggu (6/9/2024), inisiatif layanan open paper ini didorong oleh perusahaan AI, khususnya OpenAI, yang dinilai kurang memiliki keamanan. 

Selain OpenAI, Google juga mendapat kritik keras karena terus menggunakan fitur AI di Google Penelusuran, bahkan setelah orang mengklaim bahwa fitur tersebut memberikan hasil negatif.

Selain kedua perusahaan tersebut, Microsoft juga mendapat kritik atas Copilot Designer-nya yang memproduksi video seks dengan kecerdasan buatan.

Prinsip kritik yang disebutkan dalam surat tersebut antara lain menghindari pembuatan dan penerapan ketentuan non-diskriminatif, mengizinkan pihak anonim yang “dapat diverifikasi” untuk melaporkan permasalahannya.

Tak hanya itu, surat yang ditulis oleh mantan karyawan OpenAI ini juga menginginkan karyawan saat ini dan mantan karyawan dapat dengan bebas mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap AI, tanpa takut ditegur oleh perusahaan teknologi atas “serangan” yang mereka lakukan.

Makalah tersebut mengatakan bahwa meskipun mereka percaya pada potensi AI untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, mereka juga melihat adanya risiko. Mulai dari meningkatnya kesenjangan, manipulasi dan misinformasi, serta kemungkinan kepunahan manusia.

Surat tersebut juga menyatakan bahwa pelapor yang melaporkan kekhawatiran mengenai kecerdasan buatan tidak sepenuhnya dilindungi.

Faktanya, Departemen Tenaga Kerja mengatakan bahwa karyawan yang melaporkan pelanggaran upah, diskriminasi, keselamatan, penipuan, dan penundaan dilindungi oleh undang-undang privasi. Artinya, pemberi kerja tidak boleh memecat, memberhentikan, mengurangi jam kerja atau memecat pelapor.

“Beberapa dari kami sangat takut akan adanya tindakan pembalasan, mengingat sejarah kasus serupa di seluruh industri. Kami bukan orang pertama yang menghadapi atau mendiskusikan hal ini,” kata surat itu.

Baru-baru ini, beberapa peneliti OpenAI mengundurkan diri setelah perusahaan tersebut membubarkan tim “Superalignment”. Kelompok ini fokus untuk mengatasi risiko jangka panjang dari kecerdasan buatan dan kepergian pendiri OpenAI Ilja Sutskever, yang berkampanye untuk keamanan perusahaan.

Salah satu peneliti awal, Jan Leike, berkata: “Budaya dan prosedur keamanan tidak lagi menjadi prioritas produk OpenAI yang indah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Bermasalah Lagi, Toyota Perbaiki Ratusan Unit Corolla Cross dan Mirai di Australia
Next post Cuma dari Diler Ini Mobil Listrik MG Terjual Ratusan Unit
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto