Ukraina Minta Bantuan TikTok Lawan Dominasi Rusia

Read Time:1 Minute, 43 Second

JAKARTA – Platform media sosial TikTok dinilai menjadi ajang perang informasi, salah satunya adalah pemerintah Rusia yang tengah berperang dengan Ukraina.

“Kami meminta TikTok membantu melawan dominasi Moskow terhadap platform media sosial,” kata salah satu pejabat perang informasi Ukraina kepada Bloomberg, Kamis (9/5/2024).

Rusia diduga melancarkan serangan di dunia maya dan di medan perang. “Rusia mendominasi kami di TikTok karena besarnya upaya mereka. Kami perlu menyesuaikan pendekatan kami dan fokus pada jejaring sosial ini juga,” kata Andriy Kovalenko, kepala Pusat Disinformasi Keamanan Nasional (CCD) Ukraina. dan Dewan Pertahanan.

Menurut Kovalenko, Rusia secara sistematis berupaya membuat akun palsu dengan kartu SIM Ukraina dan mengubah algoritma TikTok untuk menjangkau audiens yang lebih besar di Ukraina.

Sementara itu, tidak banyak pembuat konten Ukraina di platform ini. Akunnya, yang memiliki 543.000 pengikut, memuat video yang menyoroti pandangan Ukraina tentang perang.

Kovalenko sebelumnya menolak seruan pejabat Ukraina untuk melarang Telegram, dengan alasan bahwa hal itu tidak mungkin dan justru akan merugikan operasi propaganda Kyiv. Namun, dia ingin perusahaan tersebut membuka kantor di Kyiv untuk membantu melawan disinformasi dengan lebih efektif.

Ukraina memaksa pemilik TikTok, ByteDance, untuk memblokir 24 saluran pro-Rusia dengan melaporkan kepada perwakilan perusahaan di Uni Eropa.

Perkiraan menunjukkan bahwa hanya 25% pengguna media sosial di Ukraina yang memiliki TikTok, sementara lebih dari 70% menggunakan aplikasi perpesanan Telegram buatan Rusia. Sebagai perbandingan, hanya 8% yang menggunakan X (sebelumnya Twitter).

Misinformasi di atas panggung mempertanyakan legitimasi Presiden Vladimir Zelensky. Video bot Rusia Zelensky berakhir pada 20 Mei. Kiev menunda semua pemilu karena darurat militer yang diberlakukan akibat konflik dengan Rusia.

Menurut laporan triwulanan TikTok, perusahaan tersebut memblokir 2 juta video di Ukraina dalam tiga bulan terakhir tahun 2023, menuduhnya secara artifisial menyebarkan cerita-cerita pro-Rusia atau pro-Ukraina sebagai bagian dari operasi pengaruh terselubung.

Ketertarikan Kiev yang tiba-tiba terhadap TikTok membuat Kongres AS meloloskan rancangan undang-undang yang mengalokasikan hampir US$61 miliar, atau sekitar Rp1 triliun, ke Ukraina. ByteDance harus membayar tagihan untuk menjual TikTok ke perusahaan AS atau dilarang karena risiko keamanan nasional. ByteDance mengatakan akan menantang aturan tersebut di pengadilan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Aksi Timnas Indonesia U-19 di Seoul Earth On Us Cup Disiarkan Vidio
Next post Menpora Dito Launching Indonesia Future Network Menuju Indonesia Emas 2045
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto