Sejumlah Negara Eropa Larang Penggunaan Ponsel di Sekolah

Read Time:1 Minute, 23 Second

designsuperstars.net, BRUSSELS — Menjelang dimulainya tahun ajaran baru di seluruh Eropa, beberapa negara melarang penggunaan telepon seluler di sekolah. Pelarangan telepon seluler di institusi pendidikan merupakan tren di seluruh benua dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengurangi gangguan siswa.

Larangan penggunaan ponsel di sekolah di Hongaria telah memicu protes dari para guru, orang tua dan siswa, yang mengkritik tindakan tersebut karena dianggap terlalu berlebihan.

Namun, beberapa negara Eropa telah memutuskan untuk melarang penggunaan ponsel pintar di sekolah untuk mengurangi masalah intimidasi dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Pasalnya sebagian besar siswa sekolah menggunakan laptop di ruang kelasnya yang terhubung dengan dunia digital.

Di Belanda, pemerintah daerah telah melarang penggunaan ponsel pintar di sekolah menengah hingga sekolah dasar. Larangan ini muncul di tengah kekhawatiran bahwa ponsel pintar dapat mengalihkan perhatian siswa dan mempengaruhi hasil ujian. Pengecualian dibuat untuk tujuan pendidikan, masalah kesehatan, atau kecacatan.

Sekolah berbahasa Prancis di Belgia memberlakukan pembatasan serupa pada awal tahun ajaran 2024-2025. Keputusan tersebut diambil karena meningkatnya pelecehan terhadap siswa yang menggunakan ponsel pintarnya untuk mengambil foto temannya dan menyebarkannya di media sosial.

Yunani mewajibkan siswanya untuk menyimpan ponsel di tas mereka selama berada di sekolah. Prancis menjalankan program di 200 sekolah menengah yang mengharuskan siswanya meletakkan ponsel di loker. Jika percobaan ini berhasil, Kementerian Pendidikan negara tersebut berencana memperluas larangan tersebut secara nasional pada tahun 2025.

Irlandia sedang mempertimbangkan untuk melarang penggunaan ponsel oleh pelajar di bawah usia 16 tahun.

Sementara itu, di negara-negara Eropa lainnya seperti Jerman, Polandia, Denmark, Portugal, dan Kroasia, sekolah mempunyai otonomi untuk menetapkan kebijakan sendiri terkait telepon seluler. Banyak sekolah di tanah air yang memilih untuk membatasi penggunaan ponsel agar institusi pendidikan dapat fokus pada pekerjaannya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Film Terakhir Lee Sun Kyun, ‘Project Silence’ Rilis Trailer dan Poster Resmi
Next post Lolos UTBK-SNBT 2024? Ini Periode Waktu Daftar Ulang Calon Mahasiswa Baru
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto