Terinspirasi Game Pokemon Go, Tercipta Aplikasi Nelayan Karya Anak Bangsa: Fish Go

Read Time:2 Minute, 34 Second

designsuperstars.net – Penangkapan ikan secara tradisional telah menjadi tulang punggung perekonomian dan sumber penghidupan di banyak wilayah pesisir di dunia. Terlepas dari berbagai cara mereka melakukan pekerjaan ini, nelayan lokal seringkali menghadapi banyak masalah yang mengancam kehidupan mereka dan keluarga mereka.

Salah satu tantangan utama bagi nelayan tradisional adalah cuaca yang tidak menentu. Mereka biasanya berlayar dengan peralatan yang sangat sedikit, cuaca buruk atau badai dapat menimbulkan bahaya besar bagi keselamatan mereka. Nelayan setempat seringkali mempunyai akses terhadap informasi cuaca yang akurat, sehingga menjadikan mereka berbahaya di laut.

Perubahan iklim global juga berdampak signifikan terhadap penghidupan nelayan tradisional. Perubahan suhu laut, naiknya permukaan air laut, dan pola cuaca yang tidak stabil dapat mempengaruhi seluruh pergerakan ikan dan menurunkan hasil tangkapan nelayan. Hal ini dapat berdampak langsung pada pendapatan mereka dan meningkatkan ketidakpastian ekonomi.

Nelayan tradisional seringkali menggunakan peralatan dan teknologi yang sangat sederhana. Meskipun teknologi penangkapan ikan sudah berkembang pesat, namun banyak nelayan tradisional yang masih mengandalkan perahu kayu, jaring sederhana, dan peralatan tradisional lainnya. Hal ini dapat mengurangi efisiensi dan penangkapannya. Inovasi renang Bali

I Gede Merta Yoga Pratama, seorang profesional muda, menciptakan inovasi luar biasa bernama Fish Go. Aplikasi pelacak lokasi ikan berbasis navigasi ini mempunyai tujuan mulia yaitu membantu para nelayan di wilayah Bali tempat mereka tinggal dalam menjalani kehidupannya. Dalam upaya tersebut, Yoga, begitu ia disapa, bersama sembilan rekannya yang juga bertekad meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

Proyek Fish Go dirancang dengan harapan dapat mengubah cara para nelayan melakukan pekerjaan mereka. Aplikasi ini bekerja dengan memetakan pergerakan ikan dan memprediksi kondisi cuaca dengan akurasi tinggi. Hasilnya, para nelayan dapat melaut dengan lebih aman dan efisien, sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar di kapal mereka. Yoga melihat kekuatan laut dan perikanan di Indonesia sebagai aset yang kaya, dan bertekad untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Yang membuat Fish Go unik adalah cara kerjanya. Awalnya aplikasi ini terinspirasi dari game online populer yaitu Pokemon Go. Di Pokemon Go, pemain harus berlari dan bergerak untuk menemukan karakter Pokemon virtual. Namun Yoga memiliki pemahaman mendalam tentang arus laut dan pergerakan ikan berdasarkan informasi tersebut. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan penelitian lapangan yang intensif.

Hasil penelitiannya menghasilkan aplikasi Fish Go pada tahun 2017. Dengan adanya aplikasi ini, Yoga Bali berharap dapat membantu para nelayan dalam mencari dan menangkap ikan dengan lebih efisien. Sebelumnya proses penangkapan ikan di Bali masih sangat tradisional berdasarkan pengamatan bintang dan pengalaman. Nelayan harus pergi ke berbagai lokasi untuk mencari tempat yang tepat untuk menangkap ikan.

Kini berkat Fish Go, sudah lebih dari 50 nelayan di Bali yang menggunakan alat tersebut. Hasil tangkapan mereka meningkat signifikan, dari sekitar 40-60 kg per hari menjadi 100 kg per hari. Praktik baru Yoga oleh Fish Go telah memberikan dampak positif yang nyata pada komunitas nelayan, membantu mereka meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Atas inovasi mengesankan berupa peralatan berbasis navigasi untuk nelayan tradisional, Mo Gede Merta Yoga Pratama berhasil meraih SATU Indonesia Awards bersama sejumlah tokoh mengesankan lainnya pada tahun 2020.

Baca artikel edukasi menarik di tautan ini. Dengan menjadi kehidupan kota, menjadikan kebiasaan olahraga bisa lebih mudah. designsuperstars.net.co.id 28 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Astronom Pastikan Planet Vulcan Tidak Pernah Ada
Next post Mengapa Xiaomi Electric Scooter 4 Lite 2nd Gen Jadi Pilihan Utama Komuter Kota?
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto