Android 14 akan Kasih Tahu Aplikasi Mana Saja yang Akses Data Fingerprint Pengguna

Read Time:2 Minute, 36 Second

designsuperstars.net, Jakarta – Android 14 akan memberi tahu pengguna aplikasi mana yang memerlukan akses perlindungan sidik jari.

Mengutip Android Headlines, Selasa (13/2/2024), program beta terbaru Android 14 QPR3 Beta 1 memungkinkan pengguna menguji fitur-fitur baru dan memberikan feedback sebelum resmi dirilis.

Salah satu fitur pembaruan beta ini adalah kemampuan Android 14 untuk memberi tahu pengguna aplikasi mana yang memiliki akses ke sidik jari pengguna.

Melalui pembaruan beta ini, Android akan memberi tahu pengguna dari mana perintah keamanan biometrik berasal.

Jadi, setiap kali perangkat Android Anda meminta sidik jari atau membuka kunci wajah setelah pengguna membuka layar kunci, sebuah ikon akan muncul untuk aplikasi yang meminta biometrik.

Perubahan ini diterapkan di Android 14 QPR3 Beta 1 pada perangkat Pixel. Di mana, layar menampilkan ikon aplikasi tepat di atas permintaan biometrik. Sebelumnya, notifikasi jenis ini tidak ditampilkan sama sekali.

Perubahan ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan pengguna sekaligus memberikan kejelasan.

Jadi, jika aplikasi lain mencoba mencuri autentikasi biometrik termasuk sidik jari pengguna karena alasan apa pun atau jika autentikasi dipicu secara bersamaan, Android akan menunjukkan kepada pengguna aplikasi mana yang sebenarnya dibuka.

 

Hingga saat ini, pengguna juga tidak menyadari bahwa aplikasi jahat dapat mengakses sidik jari atau ID Wajah mereka tanpa sepengetahuan mereka.

Oleh karena itu, aplikasi jahat dapat menyusup ke OS dan mengakses hal-hal yang tidak seharusnya.

Android 14 juga memiliki cara untuk melawan kemungkinan aplikasi jahat menangkap sidik jari atau ID Wajah pengguna.

Dengan pembaruan ini, ketika aplikasi meminta izin untuk mengakses sidik jari pengguna, mereka akan menerima ikon aplikasi di atas permintaan sidik jari.

Jika aplikasi lain dapat mengakses data wajah atau sidik jari pengguna, ikon aplikasi tersebut akan muncul.

Jadi, jika ada aplikasi lain yang muncul di hadapan pengguna, mereka akan mengetahuinya dan bisa langsung menghapus aplikasi tersebut.

Selain itu, jika pengguna melihat aplikasi lain mengakses data biometrik pengguna, pengguna harus melaporkan aplikasi tersebut. Hal ini meningkatkan kemungkinan Google akan menonaktifkan aplikasi tersebut.

 

Oppo dengan ColorOS-nya, baru-baru ini merilis ColorOS 14 berbasis Android 14 untuk pengguna global.

Dikutip Android Headlines, Senin (11/2/2024), Oppo mengumumkan sederet smartphone yang dijadwalkan mendapat update Android 14 pada bulan ini.

Namun perlu dicatat bahwa banyak perangkat, termasuk seri Oppo Find N3, termasuk Oppo Find N3 Collector Edition dan Find N3 Flip telah menerima pembaruan ini.

Ada tiga perangkat di Oppo Find

Seri smartphone Oppo lainnya yang juga akan mendapat update ColorOS 14 berbasis Android 14 adalah seri Oppo Reno10, seri Reno8, Reno7, Oppo F23 5G, seri Oppo F21 Pro, Oppo K10 5G.

Model lain yang akan mendapat pembaruan ini adalah seri A, termasuk Oppo A58, Oppo A38, dan Oppo A18 di India mulai akhir Februari 2024.

Berikut daftar lengkap ponsel Android Oppo yang akan mendapat ColorOS 14 berbasis Android 14: Oppo Find N3 Oppo Find N3 Flip Oppo Find N2 Flip Oppo Find X5 Pro Oppo Find 5G Oppo Reno8 5G Oppo Reno8 T 5G Oppo Reno8 T Oppo Reno7 Oppo F23 5G Oppo F21s Pro Oppo F21 Pro Oppo K10 5G Oppo A98 5G Oppo A78 5G Oppo A77 5G Oppo A77s Oppo A77 Oppo A57 Oppo A58 (India) Oppo A38 (India) Oppo A18 (India)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Arkeolog Temukan Dinosaurus Terkecil, Segini Ukurannya
Next post Marc Marquez Ungkap Kunci Kemenangan di MotoGP San Marino 2024
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto