Ikut Konversi Motor Listrik Gratis Ujung-ujungnya Disuruh Bayar

Read Time:2 Minute, 35 Second

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar program penukaran sepeda motor listrik gratis pada pertengahan April 2024. Masyarakat dipersilakan untuk mendaftarkan sepeda motor tradisionalnya di website ebtke.esdm.go.id.

“Kementerian ESDM saat ini sedang mengundang pemilik kendaraan roda dua untuk mengakses website ESDM, kemudian akan kami konversi secara gratis,” kata Aniya Listiani Devi, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi.

Sebelumnya, pemerintah biasa memberikan subsidi mulai dari Rp 70 lakh hingga Rp 100 juta agar masyarakat lebih hemat biaya saat beralih dari sepeda motor listrik ke sepeda motor listrik.

Namun tidak perlu membayar melalui program Kementerian ESDM. Misalnya untuk konversi sepeda motor listrik Rp 15-17 juta, lebih lanjut Devi menjelaskan, konsumen biasanya perlu menambah Rp 5-7 juta setelah subsidi.

Malah harus menanggung selisih bantuan Rp 10 juta dengan sisanya. “Kami juga didukung melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), jadi gratis,” ujarnya.

Namun sebenarnya untuk mengikuti acara tersebut tidaklah mudah, bahkan Andre Heriadi, salah satu pemilik sepeda motor Yamaha Mio yang mendaftar begitu acara diumumkan, tidak dapat berpartisipasi.

Pertama ia mendaftar melalui website Kementerian ESDM dengan tujuan melakukan workshop dekat rumah di Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Konversi Tenaga dan Energi (BBSP KEBTKE) Barum Tebrarukan di Jalan Siledug Raya, Sipulir. .

Pendaftaran akan diterima mulai bulan April dan akan memiliki nomor konversi. Andre mendapat kabar tersebut bulan ini setelah menunggu hampir seminggu. Namun belum ada kabar dari workshop ESDM.

Namun BRT Electric di Sentul Bogor, Jawa Barat menjadi salah satu bengkel yang bisa memenuhi kebutuhan pemerintah.

“Jadi saya juga bingung kenapa BRT diluncurkan tiba-tiba, awalnya saya kira scam, tapi ternyata benar. Tapi kalau berminat kita diminta bayar Rp 5,500 juta, yang jaraknya juga jauh dari rumah, kata Andri seperti dikutip designsuperstars.net Automotive pada Sabtu 4 Mei 2024.

Karena biaya-biaya ini di luar perubahan STNK, maka hanya mencakup peralatan listrik seperti baterai, charger, kabel bodi, tensioner, puli roda gigi, ikat pinggang, dioda, MCB, konverter, poros BLDC, pengontrol, dll.

Halo, permintaan hibah sepeda motor konversi Anda dari Bengkel Konversi Elektrik BRT di Sentul Bogor, Jawa Barat, kami konfirmasikan di website ESDM, tulis Andrey dalam pesan WhatsApp dari bengkel yang diterimanya.

Dalam pesan tersebut juga dijelaskan apakah permohonan penukaran sepeda motor listrik gratis ada kaitannya dengan SMK, dan ternyata itu salah satu syaratnya.

“Syarat penukaran gratis terkait SMK (Orang Tua, Siswa, Guru) dan STNK KTP atas nama pemohon dan pajak hidup,” demikian bunyi keterangan dalam pesan singkat.

Artinya, tidak semua masyarakat bisa mengikuti program pertukaran sepeda motor listrik gratis seperti EBTKE (Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi), kata Bambang Istianto, salah satu pejabat Kementerian ESDM.

Benar pak, penukaran gratis tahap pertama ini akan menggunakan dana CSR dari korporasi, dimana kriteria penerima dana CSR dari korporasi sudah ada dan kuotanya masih dalam pembahasan, kata Bambang kepada designsuperstars.net Otomotif.

Terkait workshop lain yang dikonfirmasi Andre, ia belum bisa menjelaskan lebih lanjut karena perlu konfirmasi ke BBSP kenapa hal itu bisa terjadi. Penghancur saraf! Saat Bripka Rico memergoki pencuri sepeda motor, putra Bripka Rico Hadi mengajak anak dan istrinya melakukan aksi heroik dengan menangkap komplotan pencuri sepeda motor di kawasan Lampung. designsuperstars.net.co.id 28 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Mau Jadi Entrepreneur Muda? NEC Siap Fasilitasi Mimpi Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri
Next post Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Bisa Dipesan
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto