Makan Hati Ayam, Nikmati Manfaatnya tapi Perhatikan Porsi dan Risikonya

Read Time:2 Minute, 0 Second

designsuperstars.net, Jakarta – Hati ayam menjadi bahan makanan umum dalam berbagai masakan lezat, antara lain sate, bubur, dan nasi goreng. Meski rasanya enak dan disukai banyak orang, banyak orang yang bertanya-tanya apakah hati ayam benar-benar menyehatkan. Ataukah sebenarnya ada bahaya tersembunyi di balik rasanya?  Apa isi hati ayam?

Tidak dapat dipungkiri bahwa hati ayam mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Menurut tinjauan medis di WebMD oleh Zilpah Sheikh, MD, vitamin dan mineral penting antara lain: Vitamin A: Menjaga kesehatan mata dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Zat besi: Penting dalam mencegah anemia dan mendukung produksi sel darah merah. Asam folat dan vitamin B12: Berperan penting dalam pembentukan DNA dan menjaga fungsi saraf. Protein: Membantu pembentukan otot dan regenerasi jaringan tubuh.

Selain itu, hati ayam kaya akan zinc, tembaga, dan vitamin D yang membantu menjaga kesehatan tulang dan kulit. Oleh karena itu, mengonsumsi hati ayam dalam jumlah sedang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Apakah hati ayam mengandung kolesterol tinggi?

Namun, meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, hati ayam ternyata sangat tinggi kolesterol. Bagi sebagian orang, hal ini bisa menjadi masalah besar, terutama bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi atau penyakit jantung.

Menurut para ahli, konsumsi hati ayam secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL, atau kolesterol ‘jahat’, yang dapat menumpuk di dinding arteri dan membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung.

 

Selain itu hati ayam juga kaya akan vitamin A. Vitamin A baik untuk kesehatan Anda, namun penggunaan berlebihan dapat menyebabkan kecanduan. Menurut WebMD, terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, bahkan kerusakan tulang. Ibu hamil atau berencana hamil disarankan untuk menghindari hati ayam karena kelebihan vitamin A dapat membahayakan janin.

Berikut beberapa gejala umum keracunan vitamin A kronis atau disebut juga hipervitaminosis A, seperti dikutip dari Healthline, Minggu 8 September 2024: Masalah penglihatan Nyeri sendi dan tulang Kehilangan nafsu makan Mual dan muntah Sensitivitas sinar matahari Rambut rontok Sakit kepala Kulit kering Hati kerusakan Penyakit kuning, pertumbuhan lambat Kebingungan Kulit gatal

 

Bagi orang yang sehat dan tidak memiliki masalah kolesterol, mengonsumsi hati ayam dalam jumlah sedang masih dianggap aman. Para ahli menganjurkan makan hati ayam lebih dari sekali atau dua kali seminggu. Ini cukup untuk mendapatkan manfaat tanpa risiko mengonsumsi terlalu banyak kolesterol dan vitamin A.

Namun jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, kolesterol tinggi, atau sedang hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi hati ayam secara rutin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Jokowi Tanya Siapa Menteri Paling Besar Bayar Pajak, Bahlil dan Zulhas Tunjuk Luhut
Next post Profil dan Biodata Satria Ananta yang Terseret Isu Perselingkuhan Azizah Salsha
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto