57 Persen Ibu di Indonesia Alami Baby Blues, Psikolog Ungkap 6 Cara Menanganinya

Read Time:2 Minute, 39 Second

designsuperstars.net, Jakarta – Data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menunjukkan 57 persen ibu di Indonesia memiliki masalah anak. Jumlah ini merupakan yang tertinggi di Asia.

Menurut psikolog Eka Hospital BSD Reynitta Poerwito, kebangkrutan anak bisa terjadi karena sang ibu mengalami banyak perubahan. Mulai dari tidak mau mengurus anak, merasa sangat sedih, hingga merasa tidak mampu mengurus dan menjalankan tugas sebagai seorang ibu.

Baby blues merupakan penyakit yang ditandai dengan perubahan emosi besar pada ibu. Keadaan emosi yang naik turun dengan cepat, mudah lupa dan merasa sedih merupakan beberapa gejala baby blues.

“Bukan penyakit mental atau psikologis, baby blues berbeda dengan gangguan stres pasca trauma,” kata Reynitta dalam siaran pers yang dikeluarkan Rabu (2/7/2024).

Baby blues merupakan tingkat terendah dari depresi pascapersalinan yang ditandai dengan perubahan suasana hati. Para ibu seringkali kebingungan dalam menerima perubahan yang terjadi pada dirinya atau dalam hidupnya, sehingga ia kesulitan menghadapi emosi yang muncul seperti bahagia, bingung, takut, cemas, dan lain-lain.

Baby blues biasanya muncul pada minggu pertama setelah melahirkan dan berlanjut hingga 14 hari setelah melahirkan. Seringkali baby blues terjadi akibat perubahan fisik yang dialami ibu pasca melahirkan dan intensitasnya disebabkan oleh faktor psikologis.

Reynitta mengatakan, diharapkan sahabat dan orang terdekat bisa menyimak dan mengenali beberapa tanda baby blues yang mungkin muncul. Pasalnya, sebagian besar ibu tidak mengetahui kalau dirinya mengidap baby blues.

Ada beberapa hal yang menandakan seorang ibu mungkin melihat bayi berwarna biru, yaitu: Menangis tanpa alasan yang jelas.

Baby blues dapat dicegah sejak kehamilan hingga menjelang persalinan. Berikut beberapa tips untuk menghadapi perubahan yang mengganggu ibu hamil, antara lain: Pelajari tentang perubahan

Kebanyakan rasa cemas seringkali bermula dari ketidaktahuan seseorang terhadap penyakit atau kondisi yang dideritanya.

Pelajari tentang perubahan suasana hati melalui informasi dari berbagai media dan temui dokter. Dengan cara ini, ibu hamil akan lebih memahami apa yang sedang dihadapinya. Lakukan Aktivitas Menyenangkan

Ibu hamil dapat melakukan hal-hal lama seperti melukis, menulis, membaca buku, berjalan-jalan, dan lain-lain untuk mengembalikan perasaan bahagia. Latihan dan relaksasi

Berolahraga dapat membantu mengatasi perubahan suasana hati, melakukan berbagai hal dengan aman selama kehamilan. Seperti kehamilan, yoga, berenang, jalan pagi, peregangan dan meditasi.

“Anda dapat berdiskusi dengan dokter kandungan Anda aktivitas apa yang sesuai dan aman untuk Anda.”

Memiliki seseorang yang Anda percayai untuk berbagi perasaan akan membantu Anda menemukan jawaban atau sekadar bersenang-senang. Hal ini dapat membuat ibu merasa nyaman dan merasa mendapat dukungan yang dibutuhkan. Konsultasikan dengan profesional kesehatan

Jika perubahan yang Anda alami mengganggu, segera temui dokter kandungan atau psikolog untuk mendapatkan bimbingan dan pengobatan lebih lanjut.

Ibu juga bisa mengatasi ketidaknyamanan bayi dengan mengonsumsi makanan bergizi sesuai anjuran ahli gizi pasca melahirkan. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi tercukupi secara seimbang. Istirahat yang cukup dan jangan lupa menikmati udara segar sambil menjemur bayi atau berjalan-jalan bersama bayi. Dapatkan dukungan keluarga

Keluarga dapat mendukung ibu dengan memberikan dukungan fisik dan emosional yang diperlukan. Membantu mempersiapkan kebutuhan anak dan bergantian merawatnya, serta menyemangatinya dengan kata-kata yang menghibur, sangatlah penting bagi seorang ibu.

“Baby blues tidak bisa dihindari, namun dengan memperhatikan langkah-langkah di atas dapat membantu ibu untuk lebih siap dan kuat menjalani hidup setelah melahirkan. Segera temui dokter jika Anda melihat adanya perubahan perasaan yang sangat penting, ”ujarnya. pungkas Reynitta.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Pantas Saja Arsenal Incar Calafiori, Ternyata Saliba Dipantau Madrid
Next post Deretan Model iPhone Ini akan Masuk Kategori Obsolete dan Vintage
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto