Menkominfo Ungkap Starlink Akan Uji Coba di IKN pada Mei 2024

Read Time:2 Minute, 30 Second

designsuperstars.net, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membeberkan informasi terkini ketersediaan layanan Starlink di Indonesia.

Pada Selasa (16/4/2024) dalam acara Halal Bihalal yang digelar di kantor Cominfo, Menteri Komunikasi dan Periklanan mengumumkan uji coba layanan internet satelit Elon Musk akan dilakukan dalam waktu dekat.

Meski diumumkan uji coba akan digelar di Ibu Kota Negara (IKN) pada Mei 2024, namun Menkominfo belum membeberkan jadwal pasti uji coba layanan internet satelit di Indonesia.

“Starlink melakukan tes di IKN. Kami berharap semua orang pada dasarnya sama levelnya. Oleh karena itu, kami bersikap adil dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berpartisipasi, namun harus mematuhi semua peraturan yang ada dan berlaku. Menteri Indonesia Komunikasi dan Informatika saat ditemui di kantor Cominfo.

Saat ditanya apakah layanan Starlink bisa beroperasi pada Agustus 2024 di IKN bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Menkominfo mengatakan hal itu bisa terjadi berdasarkan hasil pengujian yang akan datang.

“Jika pengujian berjalan dengan baik, kami akan terus lulus ULO, uji kelayakan operasional dan mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, sehingga Starlink dapat beroperasi,” ujarnya menutup pernyataan.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi mengumumkan Indonesia berencana menguji layanan internet Starlink. Hal itu dilakukannya setelah ia mengajukan izin layanan internet satelit.

 

Starlink kini dikabarkan telah mengajukan izin penyedia layanan VSAT (Very Small Aperture Terminal) dan ISP (Internet Service Provider) ke Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Kami akan melakukan uji coba terhadap IKN (Starlink) dan menentukan waktunya,” kata Menkominfo saat menemui awak media awal bulan ini.

Meski sudah mengajukan izin, Menkominfo menegaskan Starlink harus tetap mematuhi regulasi di Indonesia.

Namun yang pasti pemerintah membuka peluang bagi perusahaan telekomunikasi, baik nasional maupun global, untuk berinvestasi dan berkembang di ekosistem digital Indonesia.

Ditanya apakah kehadiran Starlink akan mengancam operator yang sudah ada, Budi Ari mengaku masih harus melihat perkembangan ke depan.

Singkat cerita, internet berbasis satelit Starlink milik Elon Musk resmi hadir di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi sebelumnya mengatakan Starlink akan menguji layanan internetnya di Indonesia. Kepastian ini ada setelah Starlink mengajukan izin.

Starlink mengajukan permohonan izin kepada Cominfo kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai penyedia layanan VSAT (Very Small Aperture Terminal) dan ISP (Internet Service Provider).

Sedangkan Starlink sendiri mulai menjual layanannya kepada masyarakat Indonesia. Hal ini diketahui dari website Starlink berbahasa Indonesia yang membuka pendaftaran bagi konsumen yang ingin mendaftar.

Pantauan Tekno designsuperstars.net, Jumat (5/4/2024), bisa dipesan melalui laman Starlink.com, Starlink, yang dioperasikan oleh PT Starlink Services Indonesia.

Selain itu, biaya berlangganan yang disarankan adalah Rp750 per bulan atau Rp7,8 juta untuk perangkat keras yang direkomendasikan.

Bagi yang berminat mengakses layanan Internet satelit Starlink harus mendaftar terlebih dahulu. Nantinya, jika layanan Starlink tersedia, pelanggan akan diberitahu. Starlink juga dikatakan siap dikirim.

Cara pemesanan paket internet Starlink Indonesia: Masuk ke halaman Starlink.com dengan tulisan “Indonesia” Pada halaman Starlink Indonesia “Pesan Sekarang” masukkan Nama dan Nomor Telepon dan masukkan “Alamat Pengiriman”. Klik pada “Tempat Pemesanan”.

Halaman tersebut kemudian menghitung berapa banyak Anda akan membayar, termasuk biaya pengiriman dan penanganan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Musik Klasik Bantu Ayam-Ayam di Kandang Modern Ini Bahagia dan Tumbuh Sehat
Next post Bayi Filipina Derita Sindrom Manusia Serigala, Akibat Ibu Makan Kucing Liar Saat Hamil?
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto