Adaro Minerals Siapkan Belanja Modal hingga Rp 4,03 T pada 2024, untuk Apa Saja?

Read Time:4 Minute, 14 Second

designsuperstars.net, Jakarta – PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) menyiapkan belanja modal (capex) hingga 250 juta USD atau sekitar Rp 4,03 triliun (seluruh kurs Rp 16.109,90 per USD).

Direktur Adaro Minerals Indonesia Harry Gunawan menjelaskan belanja modal tersebut akan dialokasikan untuk proyek infrastruktur dan smelter guna meningkatkan produksi batu bara.

“Rencananya pada tahun ini saran yang akan kami berikan sekitar 175 juta dolar AS hingga 250 juta dolar AS. Rencananya akan digunakan untuk smelter dan sektor alumunium,” ujarnya, Selasa (14/5/). tekan. konferensi. 2024).

Belanja modal ini termasuk penyertaan saham pada yayasan aluminium PT Kalimantan Aluminium Industry (KAI).

Tahun ini, perseroan menargetkan penjualan batubara metalurgi sebanyak 4,9 juta ton hingga 5,4 juta ton. Penjualan ditargetkan tumbuh sekitar 9,87% menjadi 21,08% dari pendapatan penjualan pada tahun 2023. Tahun ini, perseroan menargetkan rasio lapangan menjadi 3,6x atau setara dengan penerimaan tahun 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Adaro Minerals Indonesia Christian Ariano Richamt mengatakan, “Jika mengingat komoditas perseroan antara lain metalurgi dan aluminium, maka perseroan memiliki belanja modal (untuk pengolahan) yang tinggi dan meningkatkan kebutuhan cadangan yang ada.”

Sehubungan dengan belanja modal yang besar, pemegang saham perseroan sepakat untuk mengalokasikan dividen sebesar USD 441,02 juta untuk cadangan wajib dan laba ditahan untuk tahun buku 2023. Hal itu disepakati dalam rapat umum pemegang saham tahunan PT Adaro Minerals Tbk yang digelar pagi ini, Selasa 14 Mei 2024.

Pada penutupan perdagangan Selasa 14 Mei 2024, harga saham ADMR naik 0,76 persen menjadi Rp 1.330 per saham. Harga saham ADMR dibuka fix di Rp 1.320 per saham. Harga saham ADMR berada pada posisi tertinggi Rp 1.340 dan terendah Rp 1.310 per saham. Total frekuensi perdagangan sebanyak 2.487 kali dengan volume perdagangan 112.263 lembar saham. Nilai transaksi Rp 14,9 miliar.

 

 

Sebelumnya, PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada hari ini, Selasa, 14 Mei 2024. Dalam rapat tersebut, pemegang saham Adaro Minerals Indonesia menyetujui penggunaan laba bersih tahun buku 2023 untuk cadangan. , dan ada pula yang tidak dimaksudkan untuk mencari keuntungan.

Adaro Minerals, Ind., dalam hasil laporannya pada hari Selasa, mengatakan, “Dari laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas yang mendasarinya sebesar USD 441,02 juta pada tahun 2023, perseroan mengalokasikan USD 4,41 juta untuk dana cadangan dan USD 436,61 juta untuk laba ditahan. .Dikutip (14/5/2024).

Pada tahun fiskal 2023, perseroan membukukan laba yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas yang mendasarinya sebesar US$440,88 juta pada tahun tersebut. Laba tersebut meningkat 32,67% dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 332,32 juta dollar AS. Direktur Adaro Minerals Harry Gunawan mengatakan, keuntungan tersebut akan dialokasikan untuk belanja modal (capex) tahun ini dalam rangka pertumbuhan perusahaan.

 

 

 

Mengingat barang-barang perseroan antara lain metalurgi dan aluminium, maka perseroan membutuhkan Capex (pengolahan) yang besar dan meningkatkan cadangan yang ada, kata Presiden Direktur Adaro Minerals Tbk Christian Ariano Richmat dalam konferensi pers, Selasa (14/5/2024). .

Ganti manajer

Dalam rapat tersebut, pemegang saham menyetujui perubahan susunan Dewan Komisaris dan pencalonan Julius Aslan menggantikan Chia Ah Ho. Dengan demikian susunan komisaris PT Adaro Minerals Tbk adalah sebagai berikut:

Ketua Komisaris: Garibaldi Thohir Komisaris: M. Syah Indira Aman Komisaris: Luckman Komisaris: Julius Aslan Komisaris Independen: Mohamed Effendi Komisaris Independen: Budi Bowoleksono Agenda lainnya, perseroan melaporkan menerima dana hasil penawaran umum perdana/IPO) .

Hingga akhir tahun 2023, ADMR telah mencapai target sebesar Rp 342,76 miliar yang digunakan untuk belanja modal dan Rp 296,32 miliar untuk pembayaran kembali. Direktur Pinjaman PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO).

Sebelumnya, PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) memberikan perkembangan terkini terkait proyek hulu mineral. Grup Adaro mengumumkan minat pertamanya pada bisnis peleburan aluminium melalui PT Kalimantan Aluminium Industry (KAI) pada akhir tahun 2021. Dalam setahun, perusahaan dapat menemukan mitra dan memenuhi komitmen.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Minggu (19/2/2023), Direktur PT Adaro Minerals Indonesia Tbk Harry Ganawan mengatakan, “ADMR merupakan bagian dari proses transformasi Grup Adaro untuk mendukung ekonomi hijau.” ).

Pada tanggal 13 November 2022, Adaro Minerals Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan Hyundai Motor Company (HMC) pada pertemuan B20 di Bali. Berdasarkan nota kesepahaman, HMC memperoleh hak untuk membeli aluminium yang diproduksi KAI pada tahap awal, dan hak untuk menegosiasikan terlebih dahulu pembelian aluminium rendah karbon yang akan diproduksi KAI.

Volume pengambilan belum ditentukan, namun berkisar antara 50.000 hingga 100.000 ton aluminium per tahun. Pada tanggal 20 Desember 2022, KAI menandatangani perjanjian investasi saham bersyarat dengan Aumay Mining Pte. Ltd. (Aumay) dan PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA).

Sesuai perjanjian, kepemilikan KAI melalui anak usahanya meliputi ADMR 65 persen, Aumay 22,5 persen, dan CITA 12,5 persen. Dana hasil transaksi tersebut akan digunakan untuk pengembangan smelter aluminium KAI yang akan menjadi proyek kawasan industri hijau pertama di Kalimantan Utara.

Pabrik peleburan aluminium tahap 1 ini akan memproduksi 500.000 ton aluminium per tahun. “Pembangunan pengecoran, penyiapan lahan, dan infrastruktur pendukung lainnya untuk smelter aluminium ini telah dimulai, dan proyek tahap pertama diharapkan selesai pada paruh pertama tahun 2025 karena pembangunannya memakan waktu sekitar 24 bulan. Harry menjelaskan. .

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Via Vallen Respons Suami Cut Intan Nabila Terduga Pelaku KDRT: Pria Seperti Ini Harusnya Tak Menikah
Next post Cek Perbedaan Tecno Pova 6 dan Tecno Pova 6 Pro, Pilih Mana?
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto