Baru Sembuh Sudah Sakit Lagi, Normalnya Berapa Kali Kena Pilek dalam Setahun?

Read Time:1 Minute, 14 Second

designsuperstars.net, JAKARTA — Mengalami pilek atau flu beberapa kali dalam setahun masih tergolong normal, namun jangan diabaikan jika gejalanya muncul setiap beberapa minggu atau bulan sekali. Menurut para ahli, beberapa orang lebih mudah sakit dibandingkan yang lain.

Otto Young, profesor di David Geffen School of Medicine di University of California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat, mengatakan frekuensi pilek yang dianggap normal pada orang dewasa adalah antara satu hingga tiga kali dalam setahun. Tingkat penularan penyakit ini sangat bervariasi dari orang ke orang.

“Ada orang yang sakit saat musim pilek dan flu, dan ada orang lain yang sepertinya tidak terkena penyakit tersebut,” kata Profesor Yang di laman Today, Selasa (16/4/2024). ).

Profesor Young mengatakan seringnya pilek atau flu mungkin berhubungan dengan usia dan paparan lingkungan terhadap penyakit tersebut. Virus penyebab pilek seperti rhinovirus dan enterovirus terus beredar sepanjang tahun, disusul virus penyebab influenza, respiratory syncytial virus (RSV), adenovirus, dan Covid-19.

Selain itu, pekerjaan, kehidupan sosial, dan kondisi sistem kekebalan tubuh juga berperan dalam menentukan seringnya seseorang terkena flu. Untuk menghindari infeksi, Profesor Yang merekomendasikan untuk sering mencuci tangan, memakai masker di depan umum dan menjauhi penderita flu.

Vaksinasi influenza juga dianjurkan sebagai tindakan pencegahan. Sedangkan untuk suplemen seperti vitamin C, Profesor Yang mengatakan efektivitasnya belum sepenuhnya terbukti.

Disarankan untuk menjalani pola hidup sehat secara umum agar daya tahan tubuh tetap bekerja optimal, terhindar dari penyakit pilek dan flu. Beberapa caranya antara lain dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, mengurangi stres, dan tidur cukup berkualitas.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Bertentangan dengan Budaya Swahili, Asal-usul DNA Afrika Kuno Terkuak
Next post 8 Cara Memperpanjang Daya Tahan Baterai iPhone Anda
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto