Mau Beli Barang Elektronik, Lebih Baik Nabung atau Ambil Cicilan?

Read Time:3 Minute, 16 Second

Dengan hadirnya designsuperstars.net – Paylater, sebuah fintech yang menyediakan berbagai layanan keuangan seperti kredit online, pembayaran elektronik online hingga pinjaman tunai, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan apa yang mereka cari.

Kemudahan pendaftaran dan pengajuan pinjaman, serta daya saing suku bunga dengan lembaga keuangan lain mungkin menjadi alasan utama maraknya penggunaan layanan fintech.

Namun karena kemudahan yang disebutkan di atas, ada pula yang enggan menggunakan produk keuangan ini dan lebih memilih menabung terlebih dahulu untuk membeli apa yang diimpikannya.

Jadi, cara apa yang lebih baik untuk membeli barang impian Anda? Haruskah Anda menggunakan layanan penyimpanan atau cicilan? Yuk simak ulasannya berikut ini:

Seberapa penting dan mendesaknya barang yang ingin Anda beli

Saat membahas soal mana yang lebih baik, tabungan atau kredit, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu seberapa penting dan mendesaknya barang yang ingin Anda beli.

Misalnya Anda ingin menggunakan layanan pembayaran elektronik online untuk membeli ponsel terbaru. Di sini Anda mungkin berpikir apakah mengupgrade ke ponsel baru merupakan keadaan darurat dan akan membantu pekerjaan Anda sehari-hari?

Jika jawabannya tidak, mungkin pembelian produk secara mencicil kurang cocok dan lebih cocok dibeli hanya dengan tabungan.

Namun, jika Anda seorang desainer grafis dan ingin mengupgrade laptop Anda ke laptop dengan layar lebih tajam, memori lebih banyak, dan semua desain Anda bekerja dengan cepat, membeli laptop impian Anda dengan cicilan atau kredit sangat masuk akal.

Pasalnya barang ini dapat meningkatkan produktivitas seseorang, membantu pekerjaan sehari-hari seorang desainer grafis, bahkan menambah uang melalui performa laptop ketika ada pekerjaan ekstra.

Oleh karena itu, ketika ditanya mana yang lebih baik, ada baiknya jika sebelum Anda memutuskan apakah akan menggunakan jasa tabungan atau kredit, pertimbangkan terlebih dahulu seberapa penting dan mendesaknya barang yang ingin Anda beli.

Hal ini belum tentu buruk, skema kredit bisa mengatur arus kas

Tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat stigma negatif yang melekat pada keputusan seseorang dalam memilih pinjaman atau rencana pelunasan. Mulai dari suku bunga tinggi, pelayanan buruk, impulsif, dll.

Bahkan, jika Anda menggunakan Kredivo sebagai pinjaman online, anggota Premium menawarkan bunga 0% untuk 1 dan 3 bulan, serta suku bunga rendah yang kompetitif yaitu 1,99% dengan lembaga keuangan lainnya. per bulan untuk jangka waktu 6/12/18/24 bulan.

Selain itu, sistem kredit membantu memperlancar arus kas, karena Anda dapat mengelola dana Anda dan mengelompokkan sisa dana untuk pengeluaran lainnya.

Arus keuangan akan lebih sehat dan terkendali. Jangan tertipu dengan berpikir bahwa keuangan Anda akan turun setelah belanja besar-besaran sekaligus.

Jika masalah bunga tinggi sudah teratasi dan bahkan bisa mengatur arus keuangan Anda, lalu bagaimana dengan sikap impulsif?

Namun, Anda perlu mengetahui kemampuan membayar Anda

Nah, inilah poin yang perlu Anda ketahui agar Anda tidak impulsif dan terlalu mencicil untuk mengetahui kemampuan membayar Anda.

Katakanlah Anda menggunakan pembayaran elektronik online untuk membeli kulkas dua pintu dan jangan biarkan pembayaran bulanan Anda melebihi kemampuan Anda untuk membayar.

Misalnya gaji Anda Rp 5 juta, 50% gaji Anda dicadangkan untuk kebutuhan sehari-hari, 20% gaji harus masuk ke dana, lalu sisanya 30% (Rp 1,5 juta) adalah jumlah pembayaran maksimal. kamu bisa membayar.

Jika pembayaran cicilan pembelian kulkas melebihi Rp 1,5 juta, sebaiknya jangan memaksakan atau membagi pembayaran melalui berbagai cara yang disediakan e-commerce atau toko yang menjual produk tersebut.

Hal ini tidak hanya berlaku pada pembayaran kredit saja, namun juga ketika Anda membeli barang secara tunai dengan menggunakan tabungan.

Jangan biarkan diri Anda menghabiskan seluruh tabungan Anda dan tidak memiliki tabungan keesokan harinya. Bagaimana jika keadaan darurat tiba-tiba terjadi dan tabungan Anda hilang?

Jadi jika ingin membelinya secara tunai, sisihkan tabungan untuk kulkas dari dana darurat. Memang proses menabungnya memakan waktu lebih lama, namun jika ingin membelinya secara tunai, inilah cara terbaik.

Nah itulah kelebihan dan kekurangan membeli barang idaman menggunakan tabungan atau kredit. Berapa harganya? Sudahkah Anda memutuskan opsi mana untuk membeli barang impian Anda? Alokasi KUR Bank Mandiri mencapai Rp32,20 triliun pada September 2024. Bank Mandiri melaporkan hingga akhir September 2024 penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai Rp 32,20 triliun. designsuperstars.net.co.id 4 Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Rekomendasi Kado Unik Berdasarkan Zodiak, Aries Suka Warna Merah!
Next post Kabar Mengejutkan Datang dari BYD
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto