Mantan CEO Youtube, Susan Wojcicki Meninggal Dunia Usai Berjuang Lawan Kanker Paru-Paru di Usia 56

Read Time:3 Minute, 57 Second

designsuperstars.net, Jakarta – Mantan CEO YouTube Susan Wojcicki, yang memainkan peran penting dalam kesuksesan Google, meninggal pada hari Jumat pada usia 56 tahun, kata keluarganya. Selama dua tahun terakhir, Wojcicki telah berjuang melawan kanker paru-paru non-sel kecil.

Suami Wojcicki, Dennis Trooper, menyampaikan belasungkawa melalui postingan Facebook. “Dengan berat hati saya mengumumkan meninggalnya Susan Wojcicki,” tulisnya. Bagi Dennis, Susan bukan hanya sahabat dan pasangan hidupnya, namun juga seorang ibu yang penuh kasih dan teman yang penuh kasih bagi banyak orang.

“Pengaruh Susan terhadap keluarga kami dan dunia sangat besar. Kami sedih namun bersyukur atas waktu yang kami habiskan bersamanya. Mohon doakan keluarga kami saat kami melewati masa sulit ini,” katanya. New York Times Sabtu, 10 Agustus 2024.

 

Susan Wojcicki dan Trooper menikah pada tahun 1998 dan memiliki lima anak. Februari lalu, putra mereka Marco Trooper ditemukan tewas di asrama Universitas California, Berkeley. Menurut laporan, Marco meninggal karena overdosis alprazolam, kokain, amfetamin, dan antihistamin hidroksizin. Tingkat THC yang rendah juga ditemukan dalam formulanya.

CEO Google Sundar Pichai mengenang Wojcicki sebagai “pemimpin hebat” yang memainkan peran penting dalam kesuksesan perusahaan. “Saya sangat sedih atas kehilangan sahabat saya Susan Wojcicki setelah dua tahun berjuang melawan kanker,” kata Pichai dalam pernyataan di Channel X. 

“Dia adalah pusat sejarah Google dan sulit membayangkan dunia tanpa dia. Susan adalah orang, mentor, dan teman yang luar biasa dan akan sangat dirindukan,” katanya.

 

Sebelum menjadi CEO YouTube pada tahun 2014, Susan Wojcicki menjabat sebagai wakil presiden senior pemasaran Google.

Setelah sembilan tahun memimpin YouTube, Wojcicki akan mengundurkan diri pada tahun 2023 untuk fokus pada “aktivitas keluarga, kesehatan, dan pribadi,” menurut Kanal Tekno designsuperstars.net. 

Neel Mohan, bergabung dengan Google pada tahun 2008 dan merupakan eksekutif senior dengan pengalaman di bidang pemasaran dan produk.

Setelah meninggalkan YouTube, Wojcicki berencana mengambil peran sebagai penasihat di Alphabet, perusahaan induk Google. Dalam blognya, dia mengenang keputusan besar yang dia buat 25 tahun lalu untuk bermitra dengan dua mahasiswa pascasarjana Stanford, Larry Page dan Sergey Brin, yang sedang membangun mesin pencari baru.

“Itu adalah salah satu keputusan terbaik dalam hidup saya,” tulis Wojcicki.

Penggantinya, Neil Mohan, menyampaikan belasungkawanya dalam sebuah postingan di X Forum, dengan mengatakan, “Hari ini kami kehilangan kolega, mentor, dan teman YouTube kami, Susan Wojcicki.”

Kanker paru-paru adalah jenis kanker yang paling umum dan penyebab utama kematian akibat kanker pada pria dan wanita di seluruh dunia. Kanker ini dimulai di paru-paru dan dapat menyerang berbagai bagian tubuh, seperti bronkus (saluran udara) dan alveoli (kantung udara kecil).

Paru-paru adalah organ mirip spons yang terletak di dada. Fungsinya untuk mengambil oksigen dari udara saat menghirup dan melepaskan karbon dioksida saat menghembuskan napas.

Udara masuk melalui mulut atau hidung, melewati tenggorokan, lalu masuk ke paru-paru. Kemudian bronkus terbagi menjadi bronkiolus, dan di ujung bronkiolus terdapat alveoli, yang menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dari darah.

Kanker paru-paru biasanya dimulai pada lapisan bronkus atau alveoli. Sel kanker ini terus membelah dan membentuk tumor yang bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

Menurut statistik yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2020, tercatat 2,21 juta kasus baru kanker paru-paru dan 1,8 juta orang meninggal karena penyakit ini. Namun, banyak orang yang belum memahami risiko dan gejala kanker paru-paru.

 

Biasanya, kanker paru-paru didiagnosis pada orang yang berusia di atas 65 tahun, dengan usia rata-rata terdiagnosis adalah 70 tahun. Kasus kanker paru-paru di bawah usia 45 tahun jarang terjadi.

Risiko kanker paru-paru lebih tinggi pada wanita, yaitu satu dari 15 pria dan satu dari 17 wanita. Laki-laki berkulit hitam 15 persen lebih besar kemungkinannya dibandingkan laki-laki berkulit putih, dan perempuan berkulit hitam 14 persen lebih besar kemungkinannya dibandingkan perempuan berkulit putih.

Faktor risiko kanker paru-paru antara lain: Merokok, perokok pasif, perokok pasif Merokok Riwayat keluarga (Genetika) Penyakit paru-paru Infeksi HIV Faktor lingkungan dan pekerjaan seperti polusi udara, radiasi, asbes, knalpot solar, silika dan beberapa bentuk kromium Konsumsi beta-karoten oleh perokok arsenik, terutama pada air minum dari sumur pribadi Merokok sangat berbahaya, terkait dengan sembilan per sepuluh kasus kanker paru-paru pada pria dan delapan per sepuluh pada wanita. Tidak merokok, berhenti merokok, atau berhenti merokok dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru.

Pada tahap awal, kanker paru-paru mungkin tidak menunjukkan gejala atau bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali sehingga sulit untuk dideteksi. Gejala kanker paru-paru antara lain batuk terus-menerus, sesak napas, dan hemoptisis. Gejala lain yang mungkin terjadi adalah lemas, nyeri punggung, dada, atau bahu, infeksi saluran pernapasan berulang, kelelahan, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, dan kehilangan nafsu makan.

Jika pneumonia menyebar ke bagian tubuh lain, gejala tambahannya antara lain nyeri tulang, perubahan sistem saraf (jika sudah menyebar ke otak), kulit dan mata menguning (jika sudah menyebar ke hati), dan bengkak. kelenjar getah bening.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Cassandra Lee Menikah dengan Ryuken Lie, Resepsi Digelar Tahun Depan
Next post Meta Tawarkan Bonus Ribuan Dolar Bagi Kreator Konten yang Viral di Threads
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto