Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Read Time:1 Minute, 47 Second

designsuperstars.net Lifestyle – Diabetes melitus, penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula, mengancam kesehatan masyarakat Indonesia. Menurut data Kementerian Kesehatan RI, terdapat 19,5 juta penduduk Indonesia yang menderita diabetes pada tahun 2023, dan jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat.

Salah satu penyebab utama penyakit diabetes adalah konsumsi nasi putih yang berlebihan. Nasi putih mengandung gula yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah. Satu cangkir nasi mengandung setidaknya 200 kalori.

Kemudian, ketika karbohidrat dalam nasi diproses di dalam tubuh, karbohidrat tersebut dipecah menjadi glukosa. Oleh karena itu, dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan, banyak masyarakat yang mulai beralih ke sumber karbohidrat lain untuk makanan sehari-hari, seperti kentang, ubi jalar, singkong, dan nasi merah dibandingkan nasi putih.

Proses memasak nasi putih juga mempengaruhi nutrisinya. Pasalnya, cara memasak yang salah bisa meningkatkan risiko diabetes. Yang harus diperhatikan di sini adalah seberapa matang nasinya, tapi jangan sampai terlalu matang.

Jika nasi terlalu lunak, mungkin indeks glikemiknya tinggi sehingga dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Sebaliknya, nasi mentah mengandung bakteri berbahaya seperti Bacillus Cereus yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Oleh karena itu, banyak orang yang memilih memasak dengan tepung beras sehingga membuat proses memasak dan memakannya menjadi lebih sulit. Dengan kemajuan teknologi saat ini, telah muncul rice cooker yang mampu menurunkan kadar gula pada nasi sehingga penderita diabetes dapat memakannya dengan tenang.

“Kami senang dapat menghadirkan rice cooker baru dan teknologi sewaan terkini ke Indonesia. Kevin Mulyawan, CEO PT Tripacific Electrindo (SEKAI), dalam keterangannya, Rabu, mengatakan dapat membantu Anda dan keluarga menjalani gaya hidup sehat. 

Menanak nasi di rice cooker kecil menggunakan teknologi rendah gula yang mampu menurunkan kadar gula nasi hingga 50%. Begini cara memisahkan air pati yang memiliki kandungan gula paling tinggi dari nasi saat dimasak.

Dengan proses pembuatan nasi putih yang lebih baik, Anda bisa menikmati kualitas nasi yang lebih baik dengan harga yang lebih murah dibandingkan makan nasi merah atau shirataki. Daftar Harga Pangan 10 Oktober 2024: Dari Beras hingga Telur Ayam Terpantau banyak harga bahan pangan yang mengalami kenaikan. Produk tersebut antara lain beras, bawang putih, bawang merah, cabai rawit merah, daging sapi, daging ayam, dan telur ayam ras. designsuperstars.net.co.id 10 Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Perangi Perubahan Iklim, Net Zero Emission Terus Dipacu
Next post GrabFood Hadirkan Fitur Baru, Pengguna Kini Bisa Pesan Makanan Bareng Teman
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto