Agar Tak Tergelincir, Pengendara Motor Wajib Perhatikan Hal Ini di Musim Hujan

Read Time:1 Minute, 37 Second

Jakarta, 7 Juli 2024 – Hujan deras terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Seluruh jalan basah, pengendara sepeda motor harus memberikan perhatian khusus untuk menghindari kecelakaan, salah satunya pada cara berkendara.

Untuk melindungi sepeda motor di jalan basah maka perlu dilakukan perlindungan terhadap ban. Sebab kemungkinan jalan licin tidak hanya terjadi saat jalanan basah saja, Anda perlu berhati-hati saat mulai turun hujan.

Saat hujan mulai turun, kotoran, lumpur, oli, atau gemuk yang biasa mengendap saat kondisi jalan kering terangkat oleh air hujan. Proses inilah yang menjadi salah satu penyebab jalanan tiba-tiba licin.

Alasan lainnya adalah perubahan suhu. Temperatur ban mobil bisa berbeda dengan temperatur jalan, sehingga traksi ban berkurang dan bisa menyebabkan kebocoran. 

Jika pengemudi tidak dalam kendali yang baik, ada kemungkinan terjatuh atau melompat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjamin keselamatan pengemudi.

Ludhi Kusuma, Kepala Pengembangan Keselamatan Pengemudi PT Daya Adibuat Motora, mengatakan jika hujan turun dan jalanan basah, pengemudi diimbau memperlambat kecepatan. 

“Gunakan rem belakang untuk menghentikan mobil secara efektif. Untuk menghindari pengereman mendadak pada roda depan, usahakan jari Anda tidak menginjak tuas rem depan,” ujarnya dalam keterangan resminya, seperti dikutip designsuperstars.net Otomotif.

Ia juga menjelaskan, penting untuk menjaga kecepatan aman dan menghindari kendaraan di sekitar untuk menghindari pengereman mendadak atau kejadian tidak terduga.

“Selain itu, selalu menjauhi lalu lintas di sekitar Anda, baik di depan maupun di belakang. “Hindari pergerakan zigzag atau perilaku berbahaya, hindari akselerasi mendadak saat jalan licin,” ujarnya.

Namun, menurutnya, pengemudi sebaiknya berhenti terlebih dahulu menunggu hingga hujan turun, dan air hujan akan membersihkan kotoran, minyak, dan oli yang tertinggal di jalan serta memanaskan permukaan ban untuk mendapatkan traksi terbaik.

Fungsi ini juga dapat digunakan untuk memakai jas hujan dan aksesoris lainnya sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendara dan sepeda motor, lanjutnya. Yamaha Fazzio Luncurkan Variasi Terbaru di Indonesia Dibanderol Rp 21 Jutaan Yamaha Indonesia resmi memperkenalkan variasi baru Yamaha Fazzio, model Fazzio Hybrid dengan harga lebih murah dari dua model sebelumnya. designsuperstars.net.co.id 11 Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kenali Keunggulan Program Studi Sains Data UNM dari Kampus Lain
Next post PSS Sleman Sayangkan Penghentian Liga 1 Secara Mendadak
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto