Bakal Kekurangan Suku Cadang Akibat Gempa, Toyota Tetap Lanjutkan Produksi di Jepang

Read Time:1 Minute, 38 Second

designsuperstars.net, Jakarta – Toyota Motor Corporation (TMC) menyatakan akan melanjutkan produksi di pabrik kendaraannya di Jepang pada Senin (8/1/2024). Ini terjadi pasca gempa di negeri Sakura.

Namun pihak merek Negeri Matahari Terbit akan mengambil keputusan tersendiri pada 15 Januari terkait pengoperasian penuh pabrik merek tersebut mengingat dampak gempa pada Tahun Baru 2024.

Menurut Reuters, Toyota sendiri memutuskan untuk menggunakan gudang suku cadang di luar wilayah yang terkena dampak gempa berkekuatan 7,6 skala Richter di pantai barat Jepang. Pasalnya, banyak pemasok dan mitra yang berlokasi di wilayah bencana alam tersebut.

Presiden Toyota Koji Sato menjelaskan pihaknya berusaha memahami situasi rantai pasokan pasca gempa yang merusak pabrik di Icin dan Sumitomo Electric.

Sementara itu, pada Jumat (5/1/2024), sekitar 80 persen dari 200 perusahaan yang memiliki pabrik di wilayah terdampak gempa telah kembali berproduksi atau akan segera melanjutkan produksi. Hal tersebut dijelaskan Menteri Perindustrian Jepang, Ken Saito.

Sebagai informasi, akibat gempa yang mengguncang Semenanjung Noto di lepas pantai barat laut Tokyo, lebih dari 100 orang dinyatakan tewas, dan lebih dari 200 orang masih hilang.

UMW Toyota Motor (UMWT) telah mengonfirmasi akan mengakhiri produksi Rush di Malaysia. Demikian dihimpun dari Pultan, ditulis pada Minggu (7/1/2024).

SUV tujuh tempat duduk andalan pabrikan Jepang itu juga dihapus dari situs UMWT setelah dipasarkan di Negeri Jiran selama lebih dari lima tahun. Model ini tersedia dalam dua varian yaitu 1.5G dan 1.5S.

Toyota Rush sendiri dirakit oleh Perodua di Rawang bersama kembarannya Aruz atau lebih dikenal dengan Daihatsu Terios di Indonesia. Sedangkan mesin dan transmisi diproduksi di Sandayan, Negeri Sembilan.

Soal harga, Toyota Rush varian 1.5G dibanderol MYR88.314 atau setara Rp 294 jutaan dan varian teratas 1.5S dibanderol MYR91.885 atau setara Rp 306 jutaan.

Dari segi spesifikasi, ada beberapa perbedaan antara Toyota Rush di Malaysia dan Indonesia. Dimensi keduanya masih sama yakni panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705, wheelbase 2.685 mm, serta ground clearance 220 mm.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post IU dan DO EXO Buktikan Keharmonisan Suara dalam Duet Lagu Love Wins All, Terdengar Sopan Masuk ke Telinga
Next post Lulusan Sistem Informasi tak Hanya Jago Coding, Bisa Jago Analisis Sistem Juga
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto