Jalan Sulit Dilalui Shin Tae Yong hingga Berhasil Antar Timnas Indonesia ke Gerbang Kemenangan, Dulu Diremehkan

Read Time:3 Minute, 11 Second

designsuperstars.net, Jakarta – Tim U-23 Indonesia menorehkan sejarah baru di sepak bola Tanah Air. Pada Minggu malam, 21 April 2024, mereka mengalahkan Jordan 4-1 untuk melaju ke babak 16 besar Piala Asia U-23 2024.

Kesuksesan tim Garuda Muda merupakan hasil kerja keras para pemain dan strategi yang baik dari pelatih Shin Taeng. Hal ini juga telah diakui oleh banyak partai politik.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tohir mengungkapkan rasa bangganya melalui postingan Instagramnya. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, ofisial, dan suporter.

Indonesia U-23 menunjukkan performa yang kuat. Indonesia membuat sejarah dengan mengalahkan Jordan 4-1 untuk melaju ke babak 16 besar, kata Health Liputa, Senin. 22 April 2024

Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, ofisial dan tentunya dukungan serta doa seluruh masyarakat Indonesia dan pemerintah. Bangga!

Tak sedikit warganet khususnya pecinta sepak bola yang mengikuti perjalanan pelatih Shin Taeong dalam melatih timnas Indonesia.

Dari masa sulit hingga saat ini telah terjadi kemajuan yang luar biasa.

Pria yang akrab disapa STY ini menjabat sebagai pelatih timnas Indonesia sejak Januari 2020. Sejak saat itu, berbagai prestasi pun tercatat dalam sejarah timnas.

Seperti diketahui, tahun 2020 merupakan masa dimana wabah besar Covid-19 akan melanda dunia, termasuk Indonesia.

Dalam situasi sulit tersebut, pria kelahiran 11 Oktober 1970 ini memanfaatkan kepiawaiannya untuk mengembangkan timnas sepak bola Indonesia.

STY dinyatakan positif Covid-19 saat menjalankan tugasnya sebagai pelatih timnas. Kabar buruk ini muncul setelah hasil usap Polymerase Chain Reaction (PCR) dirilis pada Jumat malam, 19 Maret 2021.

“Awalnya Shin Tae Yong mengaku kurang enak badan pada Kamis (18/03). Kemudian, ia menjalani tes usap PCR atas perintah Dirjen PSSI. Hasilnya baru diumumkan pada Jumat malam (19/03). ),” Plt Sekjen Yunus Nusi pada Maret 2021 di PSSI Seperti dikutip Kanal Bola designsuperstars.net dalam keterangan di situs resminya.

Karena dia mengidap penyakit paru-paru kronis, Covid-19 mungkin menjadi ancaman besar bagi STY.

Beruntungnya, Shin Tae Yong tidak menunjukkan gejala serius saat itu dan bisa pulih.

Perjalanan latihan Timnas Indonesia tidaklah mudah. Orang yang kerap menghadapi kekalahan demi kekalahan sepertinya sudah terbiasa dengan kegagalan timnas kesayangannya.

Beberapa penggemar sepak bola sudah putus asa dan Shin Tae Yong menyarankan mereka untuk menyerah. Ada yang menilai melatih timnas Indonesia akan merugikan debut kepelatihan profesional Shin Tae-yong.

Alih-alih menimbulkan rasa putus asa dan putus asa, berbagai komentar negatif justru dimanfaatkan untuk memperbarui semangat.

Seiring berjalannya waktu, Shin Tae Yong berhasil membuktikan bahwa harapan untuk timnas Indonesia masih ada meski di masa lalu sering dikritik sebagai tim yang kalah.

Di level teratas, STY berhasil menaikkan peringkat timnas Indonesia dari peringkat 173 menjadi peringkat 134 FIFA. Artinya dari tahun 2019-2020. Ada peningkatan 39 peringkat dari tahun 2018.

Meski tak meraih trofi Piala AFF, namun performa mereka di edisi 2020 menunjukkan peningkatan yang menjanjikan bagi masa depan timnas Indonesia, dikutip Bola.com.

Pada tahun tersebut Pada tahun 2023, STY mengantarkan Timnas Indonesia untuk pertama kalinya mencapai babak 16 besar Piala Asia, sebuah pencapaian bersejarah bagi tim.

Fans Timnas Indonesia masih menaruh harapan besar agar bisa sukses lolos ke babak kualifikasi Piala Dunia 2026 di bawah kepemimpinan Hernando Ari dan kawan-kawan.

 

Di level junior, STY mengantarkan Timnas U-20 Indonesia juara Piala Asia U-20 2023, setelah sebelumnya meraih medali perunggu di SEA Games 2021.

Prestasi lain yang patut dicatat adalah keberhasilan Indonesia U-23 mencapai final Piala AFF U-23 2023, meski pada akhirnya harus finis di posisi kedua.

Prestasi terbaru mereka adalah lolos ke Piala Asia U-23 2024 dan mencapai babak sistem gugur di musim pertama mereka.

Meski meraih banyak prestasi, perjalanan Shin Tae Yong dan timnas Indonesia masih panjang.

Namun kabar kontrak sang pelatih akan habis pada Juni 2024 membuat banyak pihak berharap kontraknya bisa diperpanjang.

“Tolong perpanjang kontrak STY yang sangat lama,” tulis Presiden RI Joko Widodo di kolom komentar di Instagram.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi
Next post Sinopsis Film Korea The Wild di Vidio, Pergulatan Dua Sahabat di Jalan Berbeda
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto