13 Ahli AI Beberkan Bahaya Kecerdasan Buatan untuk Manusia

Read Time:1 Minute, 20 Second

BEIJING – Sekelompok pakar AI dan chatGPT menyatakan keprihatinannya atas bahaya kecerdasan buatan yang tidak dapat diatur “dalam bahaya menghancurkan umat manusia”.

Salah satu contohnya adalah surat terbuka yang ditandatangani oleh 13 peneliti AI, termasuk Jeffrey Hinton, yang menyerukan lebih banyak peraturan pemerintah mengenai pengembangan AI.

Menurut The Sun, surat tersebut menyoroti potensi risiko seperti kesenjangan sosial, penipuan dan misinformasi, serta hilangnya kendali atas sistem AI otonom.

Kekhawatiran ini bukannya tanpa sebab. Sistem AI yang canggih mempunyai potensi untuk melampaui kecerdasan manusia dalam beberapa hal, dan jika tidak dirancang dan dikendalikan dengan hati-hati, dapat menimbulkan ancaman serius bagi umat manusia.

AI dapat digunakan untuk membuat senjata yang dapat menargetkan dan membunuh tanpa campur tangan manusia, sehingga meningkatkan risiko perang yang tidak terkendali dan genosida.

AI dapat digunakan untuk memantau dan melacak orang dalam skala besar, yang berpotensi membahayakan privasi dan kebebasan sipil.

AI dapat meningkatkan kesenjangan ekonomi dengan mengotomatiskan lapangan kerja dan memusatkan kekayaan di tangan segelintir orang.

Sistem AI dapat melakukan kesalahan yang berakibat serius, seperti menghilangkan individu atau kelompok tertentu.

Perlu dicatat bahwa ini hanyalah beberapa contoh potensi bahaya AI. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami risiko-risiko ini dan mengembangkan langkah-langkah keamanan untuk mencegahnya.

Terlepas dari risiko yang terkait dengan AI, penting untuk diingat bahwa teknologi ini berpotensi membawa manfaat besar bagi umat manusia. AI dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan paling mendesak di dunia, seperti perubahan iklim, penyakit, dan kemiskinan.

Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan AI secara bertanggung jawab, dengan mempertimbangkan potensi manfaat dan risikonya. Kita harus bekerja sama untuk memastikan bahwa AI digunakan untuk kebaikan dan tidak merugikan umat manusia.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Pakai Alphard dengan Pengawalan Hotman Paris Ingin Traktir Pegi Setiawan
Next post Skema Berbeda akan Digunakan PB Djarum di Audisi Umum 2024, Ini Rinciannya
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto