Anak Kerap Dapat Bentakan dan Ancaman, Rentan Depresi Saat Besar

Read Time:2 Minute, 57 Second

designsuperstars.net, Jakarta Teriakan verbal dan ancaman orang tua terhadap anak dapat menimbulkan kerusakan jangka panjang seperti kekerasan fisik. Bagi individu yang mengalami pelecehan verbal, baik oleh pengasuh yang bukan orang tua atau guru, dampak pelecehan verbal pada masa kanak-kanak dapat berlanjut hingga dewasa.

Pelecehan verbal yang dialami semasa kecil sering kali dikaitkan dengan peningkatan risiko kemarahan, depresi, dan menyakiti diri sendiri seiring pertumbuhan anak.

Laporan Kesehatan Harian Kamis, 18 April 2024 Berdasarkan tinjauan sistematis yang diterbitkan dalam Child Abuse edisi Oktober 2023, kekerasan verbal sebagai salah satu bentuk kekerasan terhadap anak perlu dicermati dan diselidiki karena dampak langsung dan jangka panjangnya. dan Abaikan: Jurnal Internasional.

“Melihat penelitian, jelas bahwa pelecehan verbal orang dewasa berdampak langsung pada anak-anak, seperti membuat mereka merasa tidak dicintai, ditinggalkan, dan terhina,” kata penulis utama studi Shanta Dubey, PhD, peneliti dan direktur studi pascasarjana. program. di bidang Kesehatan Masyarakat dari Wingate University di North Carolina.

Ini bisa berlangsung seumur hidup, menyebabkan depresi, kecemasan, dan pikiran untuk bunuh diri.

“Masalah tersembunyi ini bisa menimbulkan banyak masalah di masa dewasa dan perlu ditangani,” kata Dubey.

Studi ini menggarisbawahi perlunya memperhatikan pelecehan verbal karena dampaknya sama pentingnya dengan pelecehan fisik atau seksual, kata Hillit Klater, psikiater kesehatan anak di Stanford Medicine dan direktur Stress and Resilience Clinic di Stanford di California.

Para peneliti menganalisis total 149 studi kuantitatif dan 17 studi kualitatif untuk menentukan bagaimana pelecehan verbal terhadap anak didefinisikan dan diukur.

Studi tersebut menemukan bahwa pelaku utama pelecehan verbal terhadap anak oleh orang dewasa adalah orang tua (76,5 persen), pengasuh orang dewasa lainnya (2,4 persen) dan guru (12,71 persen). Pelatih dan polisi juga terdaftar, memberikan kontribusi 0,6 persen.

“Meskipun pelecehan verbal sering kali tidak disadari (baik oleh pelaku, korban, atau keduanya), kerugian yang ditimbulkannya sangat besar,” kata Claytor.

Dampak pelecehan verbal pada masa kanak-kanak dapat dilihat pada anak-anak dan remaja, dan jika tidak ditangani, dampaknya akan berlanjut hingga dewasa dan dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik.

“Baik dalam penelitian dan pengalaman saya sendiri, hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk gangguan stres pasca-trauma (PTSD), depresi, peningkatan risiko penyalahgunaan zat, dan keinginan untuk bunuh diri. Jadi hal ini memiliki implikasi yang sangat penting,” Clayter . dikatakan.

Berteriak dan membentak merupakan jenis pelecehan verbal yang paling sering terekam dalam ingatan anak. Namun, kuantitas tidak boleh menjadi satu-satunya pertimbangan ketika mendefinisikan pelecehan verbal.

Niat, penyampaian, dan dampak langsung pelecehan verbal orang dewasa terhadap anak-anak juga merupakan faktor yang berkontribusi.

Sayangnya, di beberapa budaya, pelecehan verbal tidak dianggap sebagai masalah. “Ada faktor budaya. Dalam beberapa budaya, hal ini dianggap normal,” kata Kletter.

Ini seperti, ‘Beginilah cara saya mendisiplinkan dan inilah cara saya memilih untuk mendisiplinkan anak-anak saya,'” tambah Claytor.

Pelecehan verbal sering kali mencakup perilaku yang membahayakan kesejahteraan anak, seperti meremehkan, membentak, dan mengancam, namun definisinya bervariasi dari satu penelitian ke penelitian lainnya.

Jika Anda pernah mengalami pelecehan verbal saat kecil dan merasa dampaknya negatif, Claytor mengatakan pengobatan yang disarankan adalah psikoterapi.

“Meskipun jenis kekerasan ini mempunyai konsekuensi yang signifikan, saya ingin menekankan bahwa hal ini juga dapat diobati. Jika Anda menderita akibat konsekuensinya, silakan mencari bantuan karena kami memiliki metode pengobatan yang sangat efektif dan ini dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan seseorang,” kata Kletter..

“Jenis psikoterapi berbasis bukti yang paling umum untuk orang yang mengalami pelecehan verbal pada masa kanak-kanak adalah terapi perilaku kognitif (CBT),” kata Claytor.

Pendekatan terhadap trauma masa kanak-kanak dan PTSD ini dapat membantu orang mengubah pikiran dan keyakinan mereka tentang trauma tersebut untuk membantu mereka pulih dari pengalaman tersebut, lapor American Psychological Association.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Tak Ada Panelis Dokter dalam Debat Capres Terakhir, IDI Buka Suara
Next post Pesan Menteri Bintang: Teladani Perjuangan Kartini, Terus Berkarya untuk Indonesia Lebih Baik
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto