Kisah Ravidho, Pria Asal Riau Peraih Gelar Doktor Termuda dan Tercepat UGM

0 0
Read Time:1 Minute, 19 Second

JAKARTA – Ravidho Ramadhan menyandang gelar doktor dan menjadi orang termuda UGM yang lulus pada Juli 2024. Ia kuliah di Jurusan Fisika UGM.

Ravidho lulus dan menerima gelar doktor pada usia 26 tahun. Tak hanya itu, pria asal Teluk Balengkong, Indragiri Hilir, Riau ini juga mendapat IPK 4,00 dari Fakultas Matematika dan Sains (FMIPA) UGM.

Baca Juga: Frista Jadi Lulusan Termuda UGM, Masuk SD di Usia 4 Tahun

Inspirasi terbesar Ravidho datang dari keluarganya, terutama ibunya yang selalu menekankan pentingnya pendidikan. Di sekolah tersebut pembimbingnya adalah Prof. Marzuki yang mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan akademiknya.

Sebagai anak dan suami pertama, ia bertekad menjadi teladan bagi orang-orang yang disayanginya. “Satu hal yang saya yakini adalah pendidikan merupakan salah satu cara yang paling masuk akal untuk memperbaiki kondisi kehidupan kita dan keluarga kita di masa depan,” ujarnya, dikutip situs UGM, Jumat (8/9/2024).

Pemindahan anak-anak

Ravidho tinggal di Desa Tunggal Rhayu Jaya, Riau, sebuah desa transit dengan keterbatasan listrik. Dia mulai bersekolah di sekolah dasar dekat tempat tinggalnya pada usia lima tahun.

Ia kemudian melanjutkan sekolah ke SMP yang lokasinya masih dekat dengan rumahnya, namun saat memasuki SMA, Ravidho harus mencari sekolah di pedesaan.

Baca juga: Kisah Chyta, Mahasiswa S3 Termuda Program Manajemen Administrasi UNJ

Dari Riau, ia melanjutkan studi tinggi di kota Padang, tepatnya di Universitas Andalas, mengambil jurusan fisika. Menariknya, ia menyelesaikan gelar sarjana dan magisternya hanya dalam waktu lima tahun.

“Saya menyelesaikan S1 dan S2 Fisika Universitas Andalas melalui program Fast Track, sehingga saya mampu menyelesaikan S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun,” ungkapnya.

Baca Juga: Inilah Maya Nabila, Mahasiswa S3 Termuda ITB Departemen Matematika

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D slot 1000 jepang slot lapaktoto