Benarkah Dengar Konten ASMR Bikin Tidur Lebih Nyenyak?

0 0
Read Time:2 Minute, 54 Second

designsuperstars.net, JAKARTA – Sulit tidur nyenyak di malam hari? Banyak orang mencari cara untuk meningkatkan kualitas tidurnya

Di era digital, cara populer untuk meningkatkan kualitas tidur adalah respons meridian sensorik otonom, yang lebih dikenal dengan ASMR. ASMR adalah perasaan relaksasi yang menyenangkan yang dipicu oleh suara-suara lembut atau visual tertentu. Suara bisikan lembut, suara mengunyah makanan renyah, atau suara kertas yang diremas adalah beberapa contoh pemicu ASMR yang umum. Sensasi ini biasanya dimulai di kulit dan menyebar ke seluruh tubuh, memberikan ketenangan dan relaksasi

Seperti dilansir laman Very Well Mind, ASMR sering dikaitkan dengan tidur dan untuk alasan yang baik, karena bagi mereka yang sensitif terhadap ASMR, ASMR sangat menenangkan dan membantu tidur.

Terapis keluarga dan pernikahan berlisensi serta artoterapis bersertifikat Arielle Landrum mengatakan dia menemukan peran respons meridian sensorik otonom (ASMR) dalam membantu orang dengan masalah tidur. “ASMR, yang ditandai dengan sensasi kesemutan menenangkan yang sering dirasakan pada kulit, dapat menjadi alat yang ampuh untuk tidur dan kesehatan secara umum,” katanya.

Anda mungkin pernah menonton atau mendengarkan banyak video ASMR di YouTube atau rekaman diri yang dapat Anda temukan di berbagai aplikasi dan situs web. Anda mungkin sudah mencobanya dan mendapati diri Anda merasakan sensasi ASMR atau menyadari bahwa Anda mulai melamun. Pertanyaannya adalah: Bagaimana sebenarnya cara kerja ASMR? Apa ilmu di baliknya?

Pertama, penting untuk dipahami bahwa tidak semua orang merespons rangsangan ASMR. Ketika para peneliti mempelajari efek video ASMR, misalnya, mereka menemukan bahwa beberapa orang yang mereka teliti merespons rangsangan ASMR, sementara yang lain tidak. Namun, di antara mereka yang memberikan tanggapan, para peneliti mencatat bahwa tanggapan mereka konsisten dan dapat diandalkan

Bagi mereka yang mengalami ASMR, biasanya dialami sebagai sensasi kesemutan yang menyenangkan yang disertai dengan perasaan tenang dan sejahtera, kata psikolog dan peneliti bersertifikat Jade Wu. Para peneliti telah memastikan bahwa ini adalah respons fisiologis tubuh yang nyata, yang mencakup perlambatan detak jantung, depresi, dan bahkan perbaikan sementara pada nyeri kronis, yang semuanya membantu tidur.

“Penelitian terhadap aktivitas otak orang yang mengalami ASMR juga menunjukkan bahwa keadaan meditasi (bukan gangguan atau hiperaktif) dapat membantu transisi dari hari yang sibuk ke tidur yang nyenyak.”

“ASRM kemungkinan akan merangsang area otak yang berbeda,” kata Landrum. “Dasar saraf, yang melibatkan aktivasi area otak tertentu dan pelepasan neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin, adalah kunci untuk memahami bagaimana ASMR menginduksi tidur,” a katanya.

Ketika para peneliti menilai otak orang yang mengalami ASMR dengan pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI), mereka memperhatikan bahwa area tertentu di otak tampaknya terstimulasi. Secara khusus, area otak yang terkait dengan sistem penghargaan, perasaan empati, dan perilaku sosial tampak lebih responsif terhadap pemicu ASMR.

Setiap orang berbeda dalam cara kerja pemicu ASMR untuk mereka. “Menurut pengalaman saya, teknik ASMR yang paling efektif untuk tidur bervariasi dari orang ke orang. Kuncinya, katanya, adalah mengeksplorasi dan mengidentifikasi apa yang berhasil untuk individu tersebut.

Kebanyakan pemicu ASMR berbentuk audio (terdengar), namun bisa juga berupa visual atau sentuhan (sentuhan). Ketika orang mengalami reaksi terhadap pemicu ini, mereka biasanya menggambarkannya sebagai sensasi kesemutan atau hangat. Reaksi ASMR sering kali dirasakan di bagian belakang leher atau kulit kepala, namun bisa juga dialami di berbagai bagian tubuh, bahkan pada tubuh atau kulit, seperti sensasi hangat atau kesemutan.

Di antara pemicu ASMR yang paling populer adalah bisikan, gerakan tangan yang lembut, dan suara yang tajam seperti kertas kusut atau air hujan. Dr.

Berdasarkan pengalaman Dr. Wu, banyak pemicu yang efektif adalah pemicu yang memiliki komponen sosial. “Pemicu yang paling umum, namun tidak selalu, memiliki komponen sosial yang menyimulasikan keintiman (misalnya, mendengar seseorang berbisik atau melihat tangannya,” katanya) .

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D slot 1000 jepang slot lapaktoto