Dukung Vokasi, Kemenperin Kembali Gelar Program Jarvis

0 0
Read Time:1 Minute, 53 Second

designsuperstars.net, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya menghasilkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten guna meningkatkan produktivitas dan daya saing sektor industri nasional. Salah satu program yang rutin dilaksanakan adalah melalui penyelenggaraan Jalur Penerimaan Vokasi Industri (Jarvis).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan Jarvis merupakan langkah awal dalam menghasilkan sumber daya manusia industri yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Jarvis Bersama sembilan sekolah kejuruan; Hal ini diterapkan di seluruh satuan pendidikan Kementerian Perindustrian, termasuk 11 politeknik dan dua sekolah daerah.

Sejak didirikan pada tahun 2022, Jarvis Bersama memiliki jumlah pendaftar yang banyak dan terus bertambah setiap tahunnya. Pada tahun 2023, 31,211 calon siswa akan mendaftar dengan cara ini. 

“Tahun ini Jarvis Bersama dibuka mulai 22 April 2023 hingga 31 Mei 2024. Calon mahasiswa profesi dan teknik serta Kemenperin Akom dari seluruh Indonesia dapat mendaftar melalui website jarvis.kemenperin.go.id,” ungkap dekan. . Pengumuman resmi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian Masrokhan pada Sabtu (27/04/2024) merujuk.

Proses penerimaan mahasiswa dan mahasiswa baru Kementerian Perindustrian melalui Jarvis Bersama melibatkan beberapa tahap. Setelah masa pendaftaran, pelamar akan menerima informasi tentang aspek teknis ujian. 

Kemudian ujian SMK Gabungan JARVIS akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2024. Kemudian pada tanggal 14 Juni 2024 akan dilaksanakan ujian Gabungan Politeknik/Akom JARVIS. 

Tes dilakukan secara online sehingga seluruh pelamar dapat mengambilnya di rumah. Jika lolos, peserta wajib lolos tes wawancara yang dilaksanakan secara offline di sekolah atau kampus tujuan.

JARVIS Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing unit akademik di Jarvis; Jarvis Bersama untuk seleksi siswa berprestasi dan Jarvis Bersama dari Kementerian Perindustrian dilaksanakan serentak di Unit Pendidikan Kementerian Perindustrian. Kuota pendaftar Jarvis Bersama 2024 adalah 1.702 kursi untuk politeknik dan pendidikan masyarakat Kemenperin dan 562 kursi untuk SMK Kemenperin, ujarnya.

Persentase penyerapan tenaga kerja lulusan dari satuan pendidikan Kementerian Perindustrian cukup besar. Pada tahun 2023, 87,34 persen dari 2.163 lulusan SMK Kemenperin sudah memasuki dunia kerja bahkan setelah lulus, begitu pula 74,04 persen dari 3.510 lulusan Politeknik dan Akademi Komunitas pada tahun tersebut.

“Salah satu keunggulan satuan pendidikan Kemenperin adalah lulusannya sudah memasuki dunia kerja bahkan setelah lulus. “Selain itu, pihak satuan pendidikan Kementerian Perindustrian kami membekali siswa menjadi wirausaha sehingga bisa membuka usaha sendiri setelah lulus,” jelas Masrokhan. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D slot 1000 jepang slot lapaktoto