Tanpa Tepung, Ini Cara Goreng Lele Agar Lurus dan Garing Seharian

0 0
Read Time:2 Minute, 17 Second

designsuperstars.net, Jakarta Salah satu jenis ikan yang sering diolah menjadi masakan lezat adalah ikan lele. Hal ini dikarenakan pengolahan ikan lele yang sangat sederhana dan praktis banyak orang yang menyukainya.

Salah satu cara mengolah ikan lele yang paling enak adalah dengan menggorengnya. Tekstur kulitnya yang renyah berpadu dengan empuknya daging akan sangat memanjakan lidah Anda.

Orang menambahkan tepung saat menggoreng tusuk gigi agar renyah. Namun sayang, hal itu tidak berlangsung lama.

Sebenarnya masih ada cara lain untuk menggoreng ikan lele agar tetap renyah seharian, meski tanpa menggunakan tepung. Cara tersebut diungkapkan pemilik akun Instagram @zelinenaila yang diposting pada Selasa (16/04/2024).

Pertama, cuci dan bersihkan ikan lele, lalu buang isi perut ikan lele, lalu masukkan ke dalam toples.

Selanjutnya semprot ikan lele dengan cuka lalu gosok dengan tangan hingga cuka merata ke seluruh tubuh ikan lele.

Cuka sendiri berfungsi sebagai alternatif pengganti jeruk nipis dalam menghilangkan lendir pada ikan lele. Lendir ini juga menyebabkan kulit ikan lele menjadi lunak.

Nyalakan kompor dengan api sedang untuk memanaskan minyak dalam wajan. Tambahkan cengkeh ke dalam wajan satu per satu. Usahakan menggunakan wajan yang besar agar ikan lele bisa berdiri tegak saat digoreng.

Saat ikan lele digoreng, jangan lupa tambahkan cengkeh dan jahe kupas langsung ke dalam wajan. Tujuannya agar minyak yang digunakan untuk menggoreng ikan lele tidak berceceran.

Seperti biasa, kita menunggu sampai ikan lele matang dan berwarna kecoklatan. Jika dirasa tekstur ikan lele sudah cukup keras, segera matikan kompor untuk mengangkat dan meniriskan ikan lele.

Sekarang lele gorengnya renyah banget dan awet seharian, jadi bisa langsung disantap dengan nasi dan sambal. Jika diperhatikan lebih dekat, bentuk ikan lele juga lurus, tidak melengkung.

 

Jika digoreng dengan minyak banyak dan api besar, kepala ikan lele retak dan keluar tetesan minyak. Hal inilah yang menyebabkan ikan lele goreng menjadi lembek saat dikeluarkan dari proses penggorengan.

Sebelum menggoreng, ikan sebaiknya dipanaskan dalam minyak sayur yang suhunya mencapai sekitar 180 derajat. Waktu penggorengan sebaiknya lima hingga delapan menit agar ikan tidak gosong.

Mulailah dengan membersihkan ikan lele yang akan dimasak. Setelah itu rendam tusuk gigi pada campuran air, jeruk nipis dan garam selama sepuluh menit. Proses perendaman inilah yang akan melarutkan lendir pada ikan lele. Lalu bilas dengan air mengalir hingga bersih.

Disarankan menggunakan api sedang saat menggoreng ikan agar tidak lengket. Menggunakan api yang terlalu besar dapat menyebabkan ikan gosong, sedangkan api yang terlalu kecil akan memakan waktu lebih lama untuk memasak dan mengeringkan ikan. Selain itu, sebagai trik tambahan, Anda bisa menaburkan permukaan ikan dengan tepung kering.

Manfaat ikan lele sangat beragam. Ini termasuk kandungan zat besi dan vitamin B12 yang bermanfaat. Kedua nutrisi ini penting dalam mencegah anemia. Tak hanya itu, konsumsi ikan lele juga berperan dalam pembentukan DNA tubuh, pembentukan sel darah merah, dan pemeliharaan fungsi saraf.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D slot 1000 jepang slot lapaktoto