Trik Dapat Nilai IPK Tinggi dan Predikat Cumlaude ala dr. Tirta

0 0
Read Time:2 Minute, 19 Second

designsuperstars.net – Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) masih menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen. Topik IPK bermula setelah penyerahan ijazah kepada Gibran Rakabuming yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden Prabowo Subianto. 

Foto ijazah Gibran itu mungkin karena Gibran menyelesaikan S1 dengan nilai lebih rendah dari kelas dua atau setara IPK 2,3 di Indonesia.

Netizen lantas berbondong-bondong menyorot Gibran karena IPKnya rendah dan tak pantas mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Marah dengan pemikiran ini, Dr. Tirtha angkat bicara.

“Perdebatan IPK Wapres terjadi dimana-mana, seolah-olah orang yang IPKnya rendah dinilai tidak layak melakukan apa pun. Tidak masalah,” ujarnya dalam podcast bersama Praz Teguh.

Bagi Dr. Tirta, kesuksesan melibatkan jaringan, hubungan, hak istimewa, dan keberuntungan. Bukan hanya IPK yang tinggi.

Lebih lanjut, pria berusia 32 tahun ini menuturkan, mendapatkan IPK tinggi di tingkat perguruan tinggi sangatlah mudah. Ternyata ia menyelesaikan gelar sarjana dan magisternya dengan predikat sangat memuaskan, bahkan lulus dengan cepat. 

“Mudah bagiku untuk memuji.”

Di bawah ini tips Dr. Tirta untuk meraih IPK tinggi dengan predikat sangat memuaskan.

Perhatikan baik-baik materi kursus

Tips pertama adalah memperhatikan materi pelajaran dengan baik. Memperhatikan poin-poin penting yang dibuat atau ditulis oleh guru. Jangan sungkan untuk bertanya mengenai materi yang belum Anda pahami. 

Biasanya materi yang dicatat oleh instruktur merupakan inti mata kuliah, sehingga sangat penting untuk mengingat dan memahaminya dengan baik. Siswa yang sudah menguasai materi akan lebih mudah saat ujian. Karena siswa dapat mengembangkan jawaban dari pemahamannya sendiri. Daripada hapalan materi yang membuat kepala pusing. 

Selesaikan tugas tepat waktu

Dr Tirta mengungkapkan, rahasia mendapatkan IPK yang tinggi adalah menyelesaikan tugas yang diberikan dosen. Setiap nilai tugas memberikan kontribusi signifikan terhadap IPK Anda. 

Karena nilai mata kuliah merupakan gabungan dari beberapa aspek yaitu kehadiran, tugas, dan ulangan semester. Secara umum nilai premi mempunyai persentase paling tinggi. 

Penting bagi siswa untuk menyelesaikan setiap tugas. Berikan kemampuan terbaik Anda untuk menyelesaikan tugas. Usahakan tepat waktu, karena guru sangat mengapresiasi orang disiplin yang bisa menjadi “poin tambahan”.

Guru “menjilat”.

Dr Tirta tidak memungkiri bahwa setiap mahasiswa memerlukan kemampuan “menjilat” untuk meraih IPK yang tinggi. Dalam hal ini, kata simpati merujuk pada seberapa sopan dan ramahnya kita terhadap guru. 

“Kami berprestasi buruk di perguruan tinggi, jadi kami bisa mendapat nilai bagus. Kami sangat ingin melakukan hal yang benar (di dunia) agar bisa dipromosikan,” jelas Dr. Tirtha. 

Pemilik nama asli Tirtha Mandira Hudhi ini mengatakan, IPK tidak menentukan kesuksesan seseorang. Banyak yang punya IPK tinggi dan memberitakan pujian, namun tetap bekerja. Meski nilainya rata-rata, banyak juga yang menduduki jabatan tinggi. IPK yang tinggi harus didukung oleh jaringan, saluran, insentif dan keberuntungan. 

  Dipengaruhi perjudian online, seorang pelajar asal Palopo mencuri 30 juta lei dari uang ayahnya. Remaja berusia 18 tahun ini ditangkap polisi karena diduga mencuri puluhan juta uang ayahnya untuk digunakan dalam perjudian online. designsuperstars.net.co.id 24 Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D slot 1000 jepang slot lapaktoto