India Laporkan Kasus Pertama Mpox Varian 1b

0 0
Read Time:1 Minute, 36 Second

designsuperstars.net, Jakarta India mengumumkan kasus pertama Mpox tipe Clade Ib pada Senin, 23 September 2024. Kasus ini terjadi pada seorang pria asal Kerala, India Selatan.

Penemuan kasus ini sekaligus menandai kasus pertama ditemukannya kasus virus monkeypox clade Ib di Asia Selatan.

Clade 1b merupakan jenis virus yang penyebarannya cepat dengan case fatality rate (CFR) yang tinggi. Penemuan clade 1b di Kongo dan negara-negara tetangganya di Afrika membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali menyatakan Mpox sebagai darurat kesehatan masyarakat global pada Agustus 2024.

Juru bicara Kementerian Kesehatan India Manisha Verma mengatakan pria berusia 38 tahun itu sebelumnya pernah bepergian ke luar negeri, termasuk ke Uni Emirat Arab. Dia saat ini dirawat di rumah sakit pendidikan di distrik Mallapuram.

Apakah ada anggota keluarga dan kontak dekat Anda yang terinfeksi?

Teman dan keluarga pria tersebut kini berada di bawah pengawasan. Kemudian, 37 penumpang yang melakukan perjalanan dengan maskapai tersebut bersama pria tersebut juga ikut dipantau.

Kabar baiknya adalah sejauh ini tidak ada satu pun dari mereka yang terinfeksi Mpox, seperti yang dikatakan petugas pusat distrik Malappuram, Dr Shubin C, seperti dikutip oleh Reuters.

Sebelum kasus ini, India telah mencatat 30 kasus cacar dengan satu kematian. Semua kasus Mpox adalah clade 2.

 

Shubin mengatakan gejala pertama yang dirasakan orang India itu adalah demam. Kemudian muncul ruam di tubuhnya. 

“Pria tersebut mengalami demam dan ruam seperti cacar air di tubuhnya, setelah itu dokter menjadi curiga dan mengirimkan sampel untuk dianalisis,” kata Shubin.

Cacar merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan masa inkubasinya bisa mencapai 21 hari. Selama masa inkubasi, pasien mungkin mengalami berbagai gejala, seperti demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, dan ruam.

Salah satu jenis pengobatan cacar monyet yang paling umum diberikan kepada pasien cacar monyet adalah pengobatan simtomatik, yaitu pengobatan yang digunakan untuk meredakan gejala tanpa mengobati akar penyebab penyakit.

Pada kasus Mpox, gejala yang sering muncul antara lain demam, nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D slot 1000 jepang slot lapaktoto