Mengenal Kambing Damaskus, Bintang Kontes Kecantikan Bernilai Fantastis

Read Time:1 Minute, 40 Second

JAKARTA – Kompetisi kambing sedang marak di Indonesia belakangan ini, kambing Etawah Kaligasing pun dijadikan bintang. Di belahan dunia lain, terdapat kambing Damaskus karena keunikannya.

Misalnya saja pada sebuah kompetisi kambing yang diadakan di Riyadh, Arab Saudi, kambing Damaskus tercantik dibeli oleh pemiliknya seharga 150.000 Riyal atau setara dengan sekitar USD 40.000 atau Rp 651 juta pada tahun 2018. Lalu apa yang membuat kambing ini begitu istimewa hingga memiliki nilai yang luar biasa?

Makhluk yang tidak biasa ini digambarkan oleh pengguna TikTok sebagai “Nightmare Gees era Renaisans”. Seperti dilansir IFL Science pada Jumat (2/8/2024), ras khusus ini pertama kali menarik perhatian publik pada tahun 2018 ketika video kambing “mengerikan” mulai beredar di media sosial, dengan wajah datar, underbite menonjol, dan striker menonjol. . Tak hanya itu, tubuh kambing juga berukuran sangat besar.

Meskipun ini adalah contoh ras yang paling terkenal, banyak kambing Damaskus yang sebenarnya tidak terlihat seperti ini. Masih terdapat beberapa ciri yang membedakan, namun ciri-ciri tersebut jauh lebih ringan pada populasi sapi.

Misalnya saja kambing Damaskus yang masih tergolong ras yang cukup besar dibandingkan kambing lainnya, tingginya saat dewasa sekitar 78 sentimeter dan biasanya memiliki ciri khas moncong tumpul. Kambing Damaskus memiliki kemiripan dengan Jar Jar Binks, lahir dengan telinga yang menggantung setengah ke atas.

Lalu mengapa beberapa kambing Damaskus terlihat berbeda? Ini adalah hasil pembiakan selektif selama bertahun-tahun untuk karakteristik yang memberi mereka reputasi. Meskipun berasal dari Suriah, kambing ini diperkenalkan ke Siprus sebagai hewan ternak sekitar 80 tahun yang lalu dan menjalani pembiakan selektif selama beberapa dekade untuk menghasilkan hewan yang menghasilkan susu dalam jumlah besar dan dapat menjadi daging yang populer.

Pada saat itu, orang-orang menyukai ciri-ciri kambing Damaskus yang lebih tidak biasa dan mengikutsertakannya dalam kontes kecantikan. Peternak membiakkan kambing dengan ciri-ciri penting dan setelah beberapa generasi menghasilkan jenis hewan yang hampir selalu menjadi terkenal secara online. Entah orang menyukai bentuknya yang unik atau menganggapnya terkutuk. Apakah seekor kambing Damaskus layak mendapatkan mahkota konferensi kecantikan tergantung pada sifat subjektif seseorang.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Bukan Kecoa, Ini Hewan yang Paling Tangguh di Bumi
Next post Coldplay Dikabarkan Bayar Ratusan Miliar kepada Mantan Manajer Imbas Perselisihan Kontrak