Dokter: Imunisasi Bisa Cegah Keparahan Saat Terpapar Penyakit Infeksi

Read Time:1 Minute, 12 Second

REPUBLIKA.CO.

“Imunisasi memberikan vaksin yang kuat. Saat kita menerima vaksin, tubuh kita bisa merespons serangan penyakit dengan lebih baik. Saat kita menghadapi penyakit alami seperti herpes, gejalanya bisa sangat kuat. Namun dengan vaksinasi, tubuh kita siap melawan penyakit tersebut. penyakit, sehingga gejalanya tampak ringan.

Selain itu, Victor juga menyebutkan pentingnya vaksinasi terhadap berbagai penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat, mulai dari hepatitis B, polio, difteri, hingga HPV (kanker serviks) dan demam berdarah.

Oleh karena itu, perlu adanya dukungan masyarakat khususnya kesadaran orang tua dalam memberikan vaksin pada anak yang mengidap penyakit menular.

Victor mengatakan, vaksinasi dapat diberikan pada bayi baru lahir, sesuai anjuran dokter anak. Misalnya pemberian vaksin hepatitis B pada bayi baru lahir dan dilanjutkan dengan vaksin lain sesuai jadwal yang ditentukan.

Selain itu, dokter anak di Kepulauan Serbia ini juga menjelaskan bahwa vaksinasi merangsang tubuh untuk memproduksi antibodi spesifik terhadap mikroba patogen.

“Imunisasi memberikan tubuh kita senjata untuk melawan musuh yaitu mikroba penyebab penyakit. Nutrisi yang melemah atau rusak akan menyebabkan produksi antibodi spesifik dalam tubuh,” ujarnya.

Victor menambahkan, imunitas berasal dari kata “immunity” yang berarti kekebalan yang memberikan perlindungan terhadap penyakit, khususnya infeksi. Hal ini sebagai upaya memberikan kekebalan tubuh terhadap penyakit, sehingga ketika tubuh berhadapan dengan musuh berupa penyakit, ia mempunyai senjata untuk melawannya.

Sistem imun bekerja dengan cara membuat tubuh peka untuk meningkatkan atau menciptakan kekebalan terhadap penyakit menular. Dengan memberikan stimulus ini, tubuh menciptakan antibodi spesifik yang melawan penyakit yang telah diberikan vaksin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Jalur Zonasi Khusus dan Reguler di PPDB Jateng 2024 Maksudnya Apa? Ini Penjelasnnya
Next post Vivo X Fold 3 Pro Rilis Seharga Rp 27 Juta, HP Layar Lipat dengan Dukungan AI
PAY4D slot jepang slot 1000 jepang slot lapaktoto